SOLOPOS.COM - Pengendara kendaraan bermotor antre saat melintasi perlintasan simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, Senin (6/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kendaraan berat golongan III, IV, dan V mulai Selasa (7/6/2022) pukul 21.00 WIB malam ini sudah dilarang melintas di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo. Mereka harus beralih menggunakan jalan tol.

Pengalihan dilakukan karena kendaraan berat akan mengalami kesulitan bila melalui Simpang Joglo, Banjarsari, yang mengalami penyempitan menyusul adanya pekerjaan relokasi box culvert yang dimulai Selasa ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penjelasan tersebut disampaikan Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, dan Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalin Dishub Solo, Mudo Prayitno. “Yang dialihkan kendaraan angkutan berat Golongan III, IV, V, lewat ke arah tol di beberapa titik mulai jam 21.00 WIB. Kami akan terus sosialisasikan beberapa hari ke depan. Yang dialihkan angkutan berat, kendaraan kecil-kecil masih bisa,” ujarnya.

Ari mengimbau pengendara motor dan mobil tetap tenang karena masih bisa melintas di Simpang Joglo, Solo. Walau ia mengakui kawasan itu berpotensi macet karena terjadinya penyempitan jalan. Bila mengambil jalan memutar menurutnya bisa lebih lancar.

Sedangkan Mudo Prayitno menjelaskan pekerjaan tahap awal di Simpang Joglo yaitu pemindahan saluran drainase di sisi barat rel. Pekerjaan itu berdampak pada penyempitan lajur sisi barat sehingga arus lalin dialihkan.

Baca Juga: Poyek Rel Layang, Box Culvet Telah Siap di Simpang Joglo Solo

“Kami alihkan karena penyempitan, dan manuver kendaraan berat akan kesulitan kalau lewat Joglo. Kendaraan di luar itu, bus, long bus, sepeda motor, sesuai time line masih bisa. Kecuali pada tanggal tertentu yang nanti akan ditutup total jalur itu,” katanya.

Titik Pengalihan

Tapi penutupan total tersebut, menurut Mudo, akan dilakukan pada malam hari. Mengenai kendaraan berat yang dialihkan dari Simpang Joglo, Solo, menurutnya, yakni truk dengan tiga sumbu, truk dengan empat sumbu, serta truk dengan lima sumbu.

“Truk tronton, truk trailer, gandengan itu loh,” imbuhnya. Sedangkan lokasi-lokasi pengalihan kendaraan berat dilakukan dari Simpang Komplang. Kendaraan berat dari barat yang akan ke timur diarahkan untuk masuk Exit Tol Klodran.

Baca Juga: Simpang Joglo Solo Ditutup, Polisi Siapkan 4 Langkah Amankan Lalin

Sementara kendaraan berat dari timur yang menuju ke barat akan dialihkan di Simpang Kantor Kelurahan Mojosongo. “Dialihkan ke Jl Brigjend Katamso, bisa berputar ke Kebakkramat, atau karena malam hari sementara bisa lewat Proliman Balapan,” terangnya.

Sedangkan kendaraan berat dari utara ke selatan yang melalui jalan Solo-Purwodadi untuk sementara waktu bisa lewat Jl Kolonel Sugiyono hingga Jl Ahmad Yani. “Frekuensi yang dari utara kecil, sedikit. Tapi nanti tetap akan dilakukan evaluasinya,” urainya.

Pengalihan kendaraan-kendaraan berat itu, menurut Mudo, akan dilakukan hingga pekerjaan rel layang di Simpang Joglo selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya