SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug A (dari Solo-Karanganyar) akan dibongkar tahun ini. (google map)

Solopos.com, SOLO — Beredar kabar di Instagram bahwa Jembatan Jurug A atau yang arah Solo menuju Karanganyar akan dibongkar dan dibangun ulang pada 23 Juli 2022 hingga 22 September 2022. Dampaknya, Jembatan Jurug B akan dijadikan jalur dua arah dari sebelumnya hanya untuk kendaraan yang melaju ke arah Solo dari Karanganyar.

Tapi khusus kendaraan berat diimbau melalui jalan tol. Untuk menghindari terjadi kemacetan, kendaraan roda dua dan roda empat dari atau ke arah Karanganyar bisa melewati Bekonang-Pasar Kliwon. Sedangkan kendaraan roda dua dan empat dari dan ke arah Sragen bisa melalui Jalan Lingkar Mojosongo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, saat dihubungi melalui telepon seluler (ponsel), Sabtu (14/5/2022), membenarkan adanya rencana pembongkaran Jembatan Jurug A pada tahun ini.

Tapi kewenangan menjelaskan rencana pembongkaran tersebut ada pada Kementerian PUPR. “Itu Kementerian PUPR, saya tidak berani statement. Itu sebenarnya belum detail waktu, belum detail teknisnya, tapi sudah bocor,” ujar dia.

Baca Juga: Perempuan Asal Triyagan Sukoharjo Jatuh Dari Jembatan Jurug Solo Saat Kendarai Motor

Ari mengatakan Dishub Solo hanya fokus terkait pengaturan lalu lintas dampak dari penutupan jalur atau Jembatan Jurug A. Di sisi lain, tahun ini juga ada rencana pembongkaran Jembatan Mojo, Pasar Kliwon. Ia berharap pembongkaran kedua jembatan itu tak dilakukan dalam waktu bersamaan.

“Intinya itu, kami minta penundaan agar tidak bareng dengan Jembatan Mojo. Tentang teknis pembongkaran Jembatan Mojo, DPUPR Solo yang lebih tahu. Intinya sudah rapat, kalau pun bersamaan tapi jangan lama-lama,” sambung Ari.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, mengonfirmasi adanya rencana pembongkaran dan penggantian Jembatan Jurug A. Proyek itu dari Kementerian PUPR. “Semua dari Kementerian. Tinggal menunggu kesiapan Dishub Solo,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya