SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes dalam seleksi CPNS (Oria Vilosa/Solopos/Dok.)

Solopos.com, PADANG — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatra Barat mengumumkan 148 orang peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) yang dinyatakan lulus. Dengan jumlah itu, maka 45 posisi yang ditawarkan kepada publik tak terisi.

Kepastian itu, Senin (23/12/2013), dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumbar Jayadisman di Padang. “Formasi untuk Sumbar berjumlah 193 posisi, yang lulus hanya 148 orang, sedangkan 45 lainnya dikosongkan,” ungkapnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebutkan, posisi-posisi CPNS yang tidak terisi tersebut dikarenakan peminat posisi-posisi itu tidak lulus pada tes. “Ada yang gagal pada tes karakter pribadi, wawasan kebangsaan, dan lainnya, sehingga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memutuskan, sebanyak 148 orang yang akan menjadi PNS untuk Pemprov Sumbar,” katanya.

Ia menyebutkan, alasan sengaja dikosongkannya sebanyak 45 bagian adalah cara MenPAN-RB untuk menghasilkan PNS yang sesuai dengan standar. “Yang lolos tes, hanya itu yang diterima, tidak bisa seperti sebelumnya, di mana untuk bagian yang kosong, akan diisi oleh peserta CPNS lainnya, yang dirasa memungkinkan sehingga formasi terpenuhi,” katanya.

Sedangkan hasil tes untuk CPNS melalui jalur tenaga honorer Kategori 2 (K2), lanjutnya, belum diketahui. Hal itu dikarenakan hasil untuk tenaga honorer K2 akan dikeluarkan pada Minggu keempat April 2014. Begitu pun dengan hasil CPNS, untuk enam kabupaten/kota yang diberikan formasi oleh Kementerian PAN-RB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya