SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan berat terpantau masih melintas di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Para pengguna jalan diharapkan menghindari kawasan Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, pada Rabu (10/8/2022) pagi karena akan ada penutupan ruas jalan dari utara maupun selatan. Penutupan rencananya berlangsung selama satu jam guna menyokong pekerjaan switch over atau peralihan perjalanan kereta api ke detour track.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (9/8/2022), linimasa pekerjaan pembangunan rel layang di Simpang Joglo terbagi dalam lima tahap. Tahap pertama, pekerjaan switch over dilaksanakan pada 10 Agustus. Manajemen rekayasa lalu lintas dirancang guna meminimalkan kemacetan lalu lintas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Awalnya, penutupan Simpang Joglo sisi selatan hanya dilakukan pada malam hingga pagi hari. Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, mengatakan telah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait penutupan jalan di Simpang Joglo Solo.

Hasilnya, manajemen PT KAI memberi waktu pada pagi hari karena kereta api sudah melewati jalur yang baru. Waktu yang diberikan PT KAI yakni pukul 07.00 WIB-09.00 WIB atau 10.00 WIB-12.00 WIB. “Sehingga, penutupan jalan maju dari rencana semula malam hari menjadi pagi hari,” kata Dendy saat diwawancari Solopos.com, Selasa.

Dendy menyebut penutupan jalan di Simpang Joglo dilakukan secara bergantian selama satu jam. Perinciannya, perlintasan palang pintu kereta api sisi utara ditutup selama 30 menit. Kemudian, berlanjut pada penutupan perlintasan palang pintu kereta api sisi selatan juga ditutup selama 30 menit.

Baca Juga: Proyek Simpang Joglo, Jalan Solo-Purwodadi dan Jl Sugiyono Jadi Searah

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Penutupan jalan dilakukan agar tidak mengganggu pekerjaan switch over di Simpang Joglo. “Jadi penutupan jalan hanya satu jam. Itu pun secara bergantian dari utara dan selatan. Kami memohon maaf jika mengganggu kenyamanan para pengguna jalan,” katanya.

Lebih jauh, Dendy mengatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo terkait pengalihan arus lalu lintas di Simpang Joglo selama penutupan jalan. Koordinasi terus dilakukan selama pengerjaan proyek pembangunan rel layang di Simpang Joglo.

“Untuk tahap pekerjaan pemasangan struktur pilar jembatan digenjot pada pagi hari atau siang hari. Pekerjaan tahap II ini kemungkinan pada pekan kedua atau pekan ketiga Agustus.”

Baca Juga: Tak Cuma Simpang Joglo, Viaduk Gilingan Solo juga Ditutup Total 3 Bulan

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) Dishub Solo, Mudo Prayitno, mengatakan kendaraan bermotor dari arah timur atau Jl Sumpah Pemuda diarahkan ke selatan melewati Jl Brigjen Katamso. Sementara kendaraan dari arah barat menuju timur tetap bisa melewati Simpang Joglo.

Selama pengerjaan pemasangan struktur pilar jembatan diperkirakan terjadi penyempitan di sejumlah ruas jalan di sekitar Simpang Joglo. Karena itu, Jalan Solo-Purwodadi dan Jalan Kolonel Sugiyono menjadi satu arah. “Kami berharap pengerjaan konstruksi on schedule atau sesuai jadwal linimasa pekerjaan pembangunan rel layang di Simpang Joglo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya