SOLOPOS.COM - Pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang, Tawangmangu, sebelum penerapan PPKM Darurat beberapa waktu lalu. (Istimewa/ Sukarelawan)

Solopos.com, KARANGANYAR – Akses pendakian Gunung Lawu mulai dibuka lagi Minggu (22/8/2021). Meskipun begitu, kuota pendakian masih dibatasi dan belum bisa beroperasi normal.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan pihaknya sudah membuka uji coba untuk pendakian Gunung Lawu. Para pendaki dipersilakan untuk mendaki Gunung Lawu. Meskipun begitu, jumlah pendaki hanya dibatasi sebanyak 25 persen dari kapasitas maksimal.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Bikin Terenyuh! Ini Alasan Pegawai Puskesmas Tangen Sragen Jadi Pendonor Plasma Kovalesen

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami sudah mulai menjalankan uji coba untuk pendakian Gunung Lawu. Tapi semua juga tergantung kesiapan teman-teman yang ada di lapangan. Kalau sudah siap, silakan dibuka untuk uji coba. Saya rasa untuk pendakian risikonya minim. Selain luas juga ini kategori alam luar. Jadi masih aman menurut kami kalau diuji coba” jelas dia kepada Solopos.com.

Seperti diketahui, terdapat jalur pendakian Gunung Lawu di Karanganyar. Masing-masing ada di Cemara Kandang, Candi Ceto, dan Tambak. Menurut Titis, setiap jalur pendakian dibatasi sebanyak 300 pendaki per hari.

“Tapi praktiknya di kondisi saat ini biasanya pendaki masih sedikit. Sehari paling hanya sekitar 10 sampai 20 orang saja. Jadi saya rasa walaupun dibatasi, tidak akan mencapai batas maksimal pembatasan,” imbuh dia.

Terkait persyaratan khusus selama uji coba selama PPKM Level 4, para pendaki diminta untuk melengkapi perlengkapan protokol kesehatan seperti hand sanitizer dan masker. Selain itu, petugas juga menerapkan pembatasan jumlah orang di setiap tenda dan jarak antar tenda.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Jadi RI-1 di Pilpres 2024

“Selain itu seperti kebijakan harus menunjukan surat vaksin tidak diwajibkan. Yang terpenting kondisi tubuhnya sehat dan bisa menjaga prokes secara ketat,” jelas dia.

Hingga saat ini, sejumlah destinasi wisata yang dikelola pemerintah hanya Pendakian Gunung Lawu yang sudah dimulai uji coba. Destinasi wisata pemerintah lainnya seperti Grojogan Sewu, Candi Ceto, dan Candi Sukuh masih ditutup selama PPKM Level 4.

Terpisah, Sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL), Budi Santoso, mengatakan hingga Minggu (22/8/2021) sore pihaknya masih belum mengizinkan pendaki untuk mendaki Gunung Lawu via Cemara Kandang. Hal ini lantaran pihaknya masih menunggu surat edaran resmi dari Disparpora Karanganyar terkait uji coba.

“Kami masih belum berani membolehkan pendaki untuk naik via Cemara Kandang. Soalnya kami belum ada legalitas pengumuman dari dinas. Kami menunggu dulu. Kalau sudah diterbitkan, kami baru berani mengizinkan pendaki,” terang dia ketika ditemui Solopos.com di Basecamp pendakian Cemara Kandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya