SOLOPOS.COM - Kandang penguin yang sudah mulai dibuka dari penutup yang terbuat dari kain digital printing. (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, JOGJA-Penguin yang tiba di Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Jogja (KRKB GL Jogja) atau GL Zoo pada Selasa (6/5/2014), saat ini masih dalam masa adaptasi terhadap lingkungan dan cuaca Jogja.

Saat ini penguin ditempatkan di taman burung hingga dua pekan ke depan. Meskipun penutup kandang telah dibuka, pengunjung hanya dapat melihat keberadaan enam ekor penguin tersebut dari pagar, yang berjarak tujuh meter dari kandang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jackas Penguin yang berasal dari hibah Singapore Zoo tersebut memiliki habitat asli di pantai barat bagian selatan benua Afrika.

Ekspedisi Mudik 2024

Penguin yang ada di Gembira Loka ditempatkan berpasangan (tiga penguin betina dan tiga penguin jantan) dalam dua kandang berdinding kaca transparan.

Dua kandang tersebut yakni, kandang tertutup dan kandang terbuka, dipisahkan dengan sebuah pagar berpintu di bawah air. Kandang tertutup, memiliki temperatur udara 18ºC-23ºC.

Sementara kandang terbuka, dibiarkan terbuka dengan udara asli Kota Jogja yang disiapkan untuk kebutuhan mereka berjemur di bawah matahari.

Namun, mengingat pada Mei-Oktober 2014, DIY masih mengalami musim kemarau, dengan suhu pada siang hari mencapai 33°C- 34°C, keenam penguin masih berada di kandang tertutup dan ber-air conditioner (AC).

“Mereka masih ditempatkan di kandang tertutup semua karena masih dalam masa adaptasi dengan udara dan lingkungan. Selain itu, jarak dengan pengunjung masih dibatasi, dan dilarang memfoto dengan flash karena takut mereka stress,” papar Josep Kurniawan, Manajer Marketing dan Pengembangan Gembira Loka, Senin (12/5/2014).

Selain kandang kaca dengan suhu tertentu, air yang juga menjadi komponen dalam kandang telah disesuaikan dengan kadar Ph yang dibutuhkan, serta filter air khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya