SOLOPOS.COM - Yoshiko Ohta. (today line)

Solopos.com, SOLO-Pengisi suara Nobita versi Jepang pertama, Yoshiko Ohta, telah meninggal dunia. Theater Echo selaku Agensi mengonfirmasi kabar tersebut.

Pengisi suara Nobita versi Jepang ini mengembuskan napas terakhirnya pada 29 Oktober lalu pada usia 89 tahun. Theater Echo mengabarkan bahwa Yoshiko meninggal karena mengalami gagal jantung di rumah sakit di prefektur Kanagawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yoshiko Ohta dikenal sebagai seorang pengisi suara karakter Nobita sejak manga tersebut kali pertama diadaptasi menjadi animasi Doraemon pada 1973. Tak hanya mengisi suara karakter Nobita, Yoshiko juga pernah menjadi pengisi suara untuk beberapa karakter animasi Disney.

Mengutip laman Antara, Jumat (12/11/2021), beberapa karakter kartun yang diisi oleh Yoshiko antara lain adalah Sapphire di Princess Knight, Leo di Kimba the White Lion, dan termasuk di Ranma 1/2 serta Inuyasha. Sementara beberapa karakter Disney yang diisi oleh Yoshiko adalah Peter Pan, Bambi, Dumbo, dan The Fox and The Hound.

Baca Juga: Peristiwa Tawuran Pelajar Masih Saja Terjadi, Kenali Faktor Pemicunya

Berkat dedikasi Yoshiko tersebut di industri Anime Jepang, dia pun dianugerahi Tokyo Anime Award Festival (TAAF) dan Lifetime Achievement Award pada tahun 2016.

Sebelumnya pada 2020 lalu, pengisi suara animasi Jepang (seiyuu) untuk karakter animasi (anime) populer Jepang Doraemon yang pertama, yakni Tomita Kosei, meninggal dunia.  Dikutip dari The Star, Kosei meninggal dunia karena stroke pada 27 September, di usia 84 tahun. “Talenta dari agensi kami, Tomita Kosei [usia 84] meninggal dunia pada 27 September di tahun kedua Reiwa [2020] karena stroke,” kata agensi melalui pernyataan resminya.

Baca Juga:  Norak Jadi Trending Gara-Gara Panitia Mandalika Bongkar Kargo Peserta

Kosei memulai kariernya sebagai pengisi suara pada tahun 1963 dan telah mengisi suara lebih dari 50 serial anime dan film.  Salah satu tugasnya yang paling terkenal adalah mengisi suara Doraemon pada 1973, tepat ketika anime tersebut mulai ditayangkan di televisi Jepang. Ia kemudian digantikan oleh Masako Nozawa.

Selain Doraemon, Kosei juga dikenal melalui perannya sebagai ayah Bakabon di serual anime Tensai Bakabon. Pada 2009, Kosei dianugerahi Achievement Award di Seiyu Awards ke-3, sebuah upacara yang diadakan sebagai pengakuan atas bakat akting suara yang diadakan setiap tahun di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya