SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Saat tidur sistem pencernaan akan melambat. Oleh sebab itu, makan larut malam tidak dianjurkan karena enzim dan asam lambung berfungsi mengubah makanan menjadi energi tidak aktif, sehingga bisa menumpuk kalori dalam tubuh.

Belum lagi jika Anda harus bolak-balik wc untuk buang air besar, pasti sangat merepotkan bukan? Padahal jika kualitas tidur menurun, tubuh akan rentan terserang penyakit, mudah lupa, bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur dikutip dari Eatthis, Senin (2/3/2020):

Berusia 27 Tahun, Ini Wisudawan S3 Termuda UNS Solo 2020

Kopi

Sudah bukan hal yang mengejutkan jika kopi termasuk dalam jajaran minuman yang harus dihindari ketika Anda ingin tidur nyenyak. Mengonsumsi kopi pada malam hari meningkatkan denyut jantung, sehingga Anda akan merasa cemas dan gelisah saat tidur.

Selain itu jumlah kafeina atau kafein dalam kopi membuat Anda akan tetap terjaga semalaman, akibatnya tidur jadi kurang nyenyak.

“Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat beberapa jam setelah mengonsumsinya,” kata ahli gizi, Lyssie Lakatos, RDN,CDN,CFT.

Efek kafeina akan hilang setelah delapan sampai 14 jam dikonsumsi. Jika Anda ingin meminum kopi pastikan setidaknya delapan jam sebelum waktu tidur.

Warga Korsel Bunuh Diri di Solo, Kapolresta: karena Depresi Merasa Kena Corona

Alkohol

Minum alkohol pada malam hari dapat merilekskan tubuh lelah, karena merupakan pelemas otot yang kuat. Akan tetapi jika dikonsumsi terus-menerus pada malam hari dapat membuat jam tidur Anda berantakan.

Menurut ahli gizi Mitzi Dulan, RD, mengonsumsi alkohol pada malam hari menyebabkan kualitas tidur menurun.

"Minum alkohol sebelum tidur dapat membuat Anda terjaga tengah malam dan mengurangi kualitas tidur. Kita juga tahu alkohol dapat menyebabkan mendengkur karena merupakan pelemas otot yang kuat,” ungkapnya.

Ternyata Ini Foto Asli Soeharto Naik Nmax 

Soda

Selain tidak baik bagi kesehatan, mengonsumsi soda pada malam hari sebelum tidur menyebabkan rusaknya katup antara perut dengan esofagus karena mengandung banyak asam. Minuman berkarbonasi ini juga dapat meningkatkan tekanan di perut, akibatnya terasa mual. Bahkan, soda juga penuh dengan gula yang dapat menyebabkan tidur kurang nyenyak.

Cokelat hitam

Sama seperti kopi, mengonsumsi cokelat hitam pada malam hari membuat Anda terjaga semalaman karena kandungan kafeina pada cokelat. Laporan University New South Wales menunjukkan kandungan kafeina dalam 150 ml cangkir cokelat panas berkisar antara 10-70 mg. Sedangkan 30 gram cokelat batangan mengandung kafeina sebanyak 20-60 mg.

Berusia 27 Tahun, Ini Wisudawan S3 Termuda UNS Solo 2020

Air putih

Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi banyak air putih juga baik untuk kesehatan. Tapi hal ini tidak berlaku ketika Anda mengonsumsinya pada malam hari.

Terapis perilaku tidur Boulder, Richard Shane, PhD, mengatakan sebaiknya konsumsi air putih yang cukup pada siang hari agar tidak memengaruhi kualitas tidur Anda.

“Minumlah air yang cukup di siang hari dan saat makan malam sehingga tubuh Anda memiliki cukup air,” terangnya. (Ria Sari Febrianti/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya