SOLOPOS.COM - Pemilik Wongso Group, Puspo Wardoyo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Pemilik Wong Solo (Wongso) Group, Puspo Wardoyo, membagikan tips bagaimana agar bisa sukses berbisnis kuliner dan tetap bertahan termasuk dari pukulan pandemi Covid-19.

Sebagai salah satu raksasa bisnis kuliner dengan 297 restoran di empat negara, Wongso Group tak luput dari dampak kondisi pandemi Covid-19 yang membuat omzet turun signifikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketika itu, Puspo Wardoyo, mengusulkan pemerintah agar memberlakukan kebijakan lockdown. Sebab, menurutnya, kebijakan itu lebih terukur tahapannya, ketimbang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti di DKI Jakarta.

Ornamen Flyover Purwosari Solo Tampilkan Ikon Tari Gambyong, Ini Maknanya

Namun pada praktiknya pemerintah tetap dengan kebijakan PSBB. Alhasil kondisi pandemi terus berlanjut hingga penghujung tahun 2020 ini. Karena hal itu Puspo dan manajemennya pun harus memutar otak agar bisnisnya bisa tetap berjalan.

Akhirnya lahirlah Warung Makan New Normal Makanku di Jl Slamet Riyadi, Sriwedari, Solo. Warung makanan siap saji itu mendapat perhatian sejumlah pejabat dan tokoh di Solo dan Jawa Tengah. Sebab makanan siap saji Makanku dinilai cocok dengan kondisi pandemi.

Ia pun berbagi tips sukses berbisnis kuliner meski situasi ekonomi sedang terpuruk. Menurutnya, inovasi dan kreativitas merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan usaha. Seperti inovasinya meluncurkan Ayam KQ5 dan Ayam Penyet Surabaya.

Mobil Polsek Kalijambe Sragen Tertabrak KA Brantas, PT KAI: Hati-Hati Melintasi Perlintasan Tanpa Palang!

Dua warung itu membidik pasar kelompok milenial. Tapi Puspo mengingatkan para pengusaha agar tidak hanya berorientasi terhadap bisnis atau keuntungan. Sebab ada banyak kejadian seorang pengusaha justru gulung tikar karena hanya mengejar keuntungan.

Harus Imbang Dunia dan Akhirat

Menurut Puspo, pengusaha harus imbang antara bekerja dengan mengejar rida Allah SWT. "Kalau orang melulu bisnis, duit, malah enggak dapat semua. Bisnisnya gak dapat, akhirat juga enggak dapat. Yang pertama harus kita lakukan bagaimana agar terlepas dari siksa api neraka. Sambil bekerja. Bukan sebaliknya. Setiap pekerjaan itu adalah bagaimana semua bermuara kepada akhirat. Dengan begitu dijamin sukses," terangnya berbagi tips sukses berbisnis kuliner.

Seperti yang dijanjikan Allah SWT, Puspo melanjutkan barang siapa yang beriman dan berhijrah di jalan-Nya dengan harta dan jiwa, akan diberi derajat yang tinggi serta diberi kesuksesan.

61 Warga Solo Meninggal Positif Covid-19 Dalam 15 Hari Terakhir, Total 176 Orang

"Kesuksesan dunia dan akhirat. Orang tidak bisa sukses dunia dan akhirat kecuali dengan amal soleh. Iman dan jihad. Apa yang diperintahkan Allah SWT harus dijalankan," imbuhnya.

Puspo juga bercerita ihwal pentingnya fokus dalam menjalankan usaha. Seperti yang ia lakukan dalam membesarkan jaringan bisnis kulinernya. Selama bertahun-tahun ia hanya fokus dengan menu berbahan ayam.

Termasuk ketika ia mengembangkan Ayam KQ5 dan Ayam Penyet Surabaya. "Saya fokus dan tidak pindah-pindah. Itu juga salah satu kunci berkembangnya usaha saya," papar Puspo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya