Pengin Lihat Gerhana Bulan Sebagian? Catat Jamnya

Jadwal Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia.
Pengin Lihat Gerhana Bulan Sebagian? Catat Jamnya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi bulan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Fase puncak dan fase akhir Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat di Indonesia. Berikut tahap dan jam Gerhana Bulan Sebagian yang disebut akan terjadi paling lama di abad ini.

Mengutip pengumuman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lapan, warga di seluruh Indonesia tak bisa mengamati fase awal Gerhana Bulan sebagian ini. Sebab, Bulan masih dalam posisi di bawah ufuk dan belum terbit.Fase awal itu terjadi pada Pukul 14.18.21 WIB/15.18.21 WITA/16.18.21 WIT.

Sementara puncak Gerhana Bulan sebagian terjadi pada pukul 16.02.53 WIB atau 17.02.53 WITA atau 18.02.53 WIT.

Baca Juga: Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian

Namun fase puncak Gerhana Bulan sebagian bisa dilihat dari Provinsi Papua dan sebagian Provinsi Maluku. Fase puncak gerhana ini bisa dilihat pada arah Timur Laut dekat gugus Pleaides konstelasi Taurus.

Sementara fase akhir Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat dari Pulau Papua, Kepulauan Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Pulau Madura, Bali dan Jawa. Fase akhir ini disebut terjadi pada pukul 17.47.2 WIB atau 18.47.2 WITA atau 19.47.2 WIT.

Baca Juga: Huawei Ajak Intip Tipikal Pacar Insinyur Cantik Ini

Namun fase akhir Gerhana Bulan sebagian ini tak bisa dilihat dari sebagian Pulau Jawa. Daerah itu adalah Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota/Kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Nasib yang sama bakal diterima warga di Kepulauan Riau (Natuna dan Anambas) dan Privinsi Bangka Belitung, kecuali Kabupaten Bangka Barat.

Gerhana Bulan sebagian kali ini memiliki magnitudo gerhana 0,9785 alias hanya 97,85% lebar Bulan yang tertutupi umbra Bumi. Gerhana Bulan sebagian hanya memiliki dua durasi, yakni durasi penumbra selama 6 jam 5 menit 8 detik dan durasi parsial selama 3 jam 29 menit 2 detik.

Baca Juga: Oppo Luncurkan A95, Ini Harga dan Fitur Unggulannya

Jarak sudut atau angular dari pusat Bulan ke pusat umbra Bumi sebesar 1478 detik busur atau 0,41 derajat dan lebar sudut Bulan sebesar 1770 detik busur atau 0,49 derajat. Parameter gamma atau jarak linier dari pusat Bulan ke pusat umbra Bumi sebesar 0,4552 jejari bumi atau sekitar 2900 km.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago