SOLOPOS.COM - Ilustrasi taruna STMKG. (stmkg.ac.id)

Solopos.com, SEMARANG — Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka pendaftaran bagi calon taruna di sekolah tersebut. Pendaftar yang diterima sebagai taruna di sekolah kedinasan yang ada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) nantinya akan disalurkan sebagai pegawai pada jawatan itu di berbagai daerah di Tanah Air.

Dikutip dari keterangan tertulis BMKG Jateng, STMKG tahun ini akan membuka pendaftaran untuk 250 calon taruna baru jenjang Sarjana Terapan (DIV). Ada empat program studi (prodi) yang ditawarkan STMKG yakni Prodi Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi MKG.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari 250 kuota yang dibutuhkan, 202 di antaranya merupakan jalur reguler yang bisa diikuti seluruh lulusan SMA dari berbagai jurusan di Tanah Air. Sedangkan sisanya, yakni 48 kuota diperuntukkan untuk pendaftar dari jalur afrimasi yang berasal dari wilayah Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Selatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Angin Kencang dan Banjir Terjang DI Yogyakarta, Begini Penjelasan BMKG

Adapun syarat-syarat untuk mendaftar di sekolah kedinasan milik BMKG itu yakni sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4, dan lensa silindris maksimal minus 2 dan bersedia melakukan pengobatan LASIK dengan biaya sendiri apabila telah diterima atau lulus seleksi.

Selain itu, penerimaan taruna STMKG ini diperuntukan bagi siswa lulusan SMA yang usianya tidak kurang dari 15 tahun dan maksimal 23 tahun per tanggal 1 September 2022.

STMKG juga menetapkan syarat postur tubuh bagi pendaftar pria tidak kuran dari 160 cm. Sedangkan untuk wanita minimal memiliki tinggi badan 155 cm.

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 Dibuka Hari Ini, Ini Link-nya

Pendaftaran calon taruna baru STMKG ini dibuka mulai 9 hingga 30 April 2022. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal Panitia Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id dan https://simas.stmkg.ac.id/spmbfront/. Untuk informasi lebih jelas pendaftar bisa melihat di situs https://ptb.stmkg.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya