top ear
Wortel bisa bikin kulit kinclong. (youqueen.com)
  • SOLOPOS.COM
    Wortel bisa bikin kulit kinclong. (youqueen.com)

Pengin Awet Muda, Sering-Sering Konsumsi Makanan Ini Yuk

Selain perawatan dari luar seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, ada beberapa perawatan yang mudah untuk menjaganya tetap muda dari dalam.
Diterbitkan Selasa, 24/11/2020 - 10:35 WIB
oleh Solopos.com/Ratih Nisa Intana
3 menit baca

Solopos.com, SOLO – Semua orang pasti mengingikan punya kulit yang sehat dan tampak awet muda. Untuk menjaganya, orang-orang bisa melakukan berbgai perawatan. Namun, sering kali kita lupa bahwa awet muda juga dapat dijaga dari dalam.

Sebenarnya, selain perawatan dari luar seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan, ada beberapa perawatan yang mudah untuk menjaganya tetap muda dari dalam. Perawatan dari dalam bisa dilakuakan dengan mengkonsumsi protein yang mengandung keratin. Kandungan ini juga bisa membuat kuku, rambut, dan kulit lebih kuat dan sehat.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut bahan-bahan alami yang bisa membantu memproduksi keratin dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

PT KAI Kurangi Dampak Pemanasan Global Pakai Cara Ini

Telur

Memakan telur adalah cara salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produksi keratin secara alami. Selain memiliki kadar protein yang tinggi, vitamin D dan zat besi, telur merupakan sumber biotin yang baik dan penting dalam sintesis keratin.

Ubi

Ubi ini bernutrisi sangat tinggi dan baik untuk membantu memproduksi keratin. Ini juga mengandung beta karoten yang selanjutnya diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A ini kemudian akan meningkatkan sintesis keratin dan penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Bawang putih

Bawang putih mengandung banyak L-sistein, sebuah asam amino yang ditemukan pada keratin. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu kesehatan kulit. Penelitian lainnya mengungkap bahwa bawang putih dapat pula meningkatkan penyembuhan luka, melawan infeksi mikroba, dan tanda-tanda penuaan yang lambat.

Ini 5 Fakta How Democracies Die Yang Dibaca Anies Baswedan...

Ikan salmon

Sama seperti telur, salmon juga sumber protein dan biotin yang baik untuk memproses produksi keratin. Asam lemak omega 3 pada salmon bisa membantu pertumbuhan rambut, menambah kesuburan rambut, dan melindunginya dari kerontokan.

Mangga

Dalam 165 gram buah mangga, tersedia hingga 89 mcg provitamin A atau hampir 10% dari jumlah kebutuhan provitamin A harian. Vitamin A yang diperoleh dari hasil mengonsumsi buah mangga berguna untuk meningkatkan sintesis keratin dalam tubuh. Selain itu, mangga juga kaya akan beberapa nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut, seperti vitamin C dan folat.

Biji bunga matahari

Selain mengandung omega-5, zat besi dan magnesium, biji bunga matahari juga merupakan sumber biotin dan protein yang sudah pasti membantu prosuksi keratin. Nutrisi lainnya yang terkandung dalam biji bunga matahari adalah vitamin E yang baik untuk kulit dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Wortel

Wortel tinggi akan kandungan vitamin C yang meningkatkan sintesis kolagen untuk mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Vitamin ini juga membantu penyembuhan luka, meredakan peradangan, dan melindungi dari kerusakan kulit. Selain itu wortel juga memiliki banyak biotin, vitamin B6, kalium, dan vitamin K1.

Kale

Kale adalah bagian dari sayuran hijau yang memiliki banyak provitamin A yang bisa meningkatkan produktivitas keratin. Kale juga merupakan sumber vitamin C yang membantu merangsang produksi kolagen, sejenis protein yang menjaga kekuatan, struktur, dan elastisitas kulit.

 


Editor : Profile Anik Sulistyawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini