[ X ] CLOSE

Pengidap Gangguan Jiwa di Madiun Divaksin, Perlu Trik Khusus Agar Tidak Ngamuk

Para pengidap gangguan jiwa di Madiun mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Menyuntik vaksin Covid-19 orang dengan gangguan jiwa perlu trik khusus agar tak mengamuk.
Pengidap Gangguan Jiwa di Madiun Divaksin, Perlu Trik Khusus Agar Tidak Ngamuk

Solopos.com, MADIUN — Sebanyak 70 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) warga binaan di Unit Pengelola Tugas Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri Asrama Caruban, Kabupaten Madiun, mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menyuntikkan vaksin Covid-19 untuk para pengidap ganggung jiwa membutuhkan trik khusus.

Puluhan ODGJ di lembaga rehabilitasi itu tampak menurut dan mengikuti arahan petugas vaksin. Tidak ada ODGJ yang mengamuk maupun menolak saat disuntik vaksin Covid-19, Selasa (6/7/2021).

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial UPT RSBL Asrama Caruban, Tarmini, mengatakan pemberian vaksin terhadap ODGJ ini sangat penting karena mereka merupakan salah satu kelompok rentan. Meskipun jadi kelompok rentan, kata dia, sejauh ini belum ada ODGJ di panti rehabilitasi ini yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Ruang Isolasi Penuh, RSUD dr. Soedono Madiun Mulai Rawat Pasien di Teras

“Kemarin sudah dikumpulkan para ODGJ untuk dicek kesehatannya, cek tensi, dan mentalnya juga harus disiapkan supaya tidak takut. Supaya mau divaksinasi,” kata dia.

Tarmi menuturkan vaksinasi ini sebagai salah satu upaya untuk memperkuat imun para ODGJ yang merupakan rentan terkena virus Covid-19. Pemberian vaksinasi ini merupakan penyuntikan vaksin kedua.

“Untuk jumlah ODGJ yang disuntik vaksin ada 70 orang dan semuanya laki-laki,” jelas Tarmi.

Karena memiliki gangguan jiwa, kata dia, perlakuan ODGJ ini memang agak berbeda. Sebelumnya, petugas memberikan penjelasan dan motivasi bagi para ODGJ yang akan disuntik vaksin. Hal ini supaya mereka tidak mengamuk saat proses vaksinasi.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago