SOLOPOS.COM - Ilustrasi positif corona (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mengonfirmasi pasien positif penyakit virus corona (Covid-19) yang indekos di Kentingan, Jebres, adalah mahasiswa kampus tersebut. Mahasiswa UNS Solo positif virus corona itu berjenis kelamin perempuan dan menempuh studi di Fakultas Kedokteran (FK).

Hal tersebut diungkapkan Dekan FK UNS Solo, dr. Reviono, kepada wartawan dalam jumpa pers di Rektorat UNS, Jumat (17/4/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumpa pers juga dihadiri Rektor UNS Jamal Wiwoho, Direktur Rumah Sakit (RS) UNS dr Hartono, dan juru bicara (jubir) satuan tugas (satgas) Covid-19 RS UNS dr Tonang Dwi Adryanto.

Kentut Bisa Menularkan Corona? Cek Faktanya!

"Pasien positif ini adalah mahasiswa [Fakultas] Kedokteran UNS yang tentunya lebih paham dibandingkan orang awam mengenai gejala corona. Sehingga ketika dia merasa demam, dia langsung memeriksakan diri ke rumah sakit hingga kemudian diketahui positif Covid-19. Dia juga terkena positif tyfus," ujarnya.

Reviono menjelaskan mahasiswa tersebut sebelumnya sempat menempuh perjalanan pulang ke Jakarta untuk menghadiri pemakaman saudaranya.

Beredar Pesan Berantai Pencurian di Mojolaban Sukoharjo, Ini Faktanya!

"Kami dari pihak kampus sebenarnya sudah mewanti-wanti agar mahasiwa yang sudah ada di Solo agar tidak ke mana-mana. Tetapi mahasiswa ini ternyata pulang karena ada saudaranya yang meninggal," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Jamal mengatakan saat ini mahasiswa UNS Solo yang positif virus corona tersebut dalam kondisi baik.

Minim Pasokan Air, GP3A Berharap Normalisasi Waduk Cengklik

"Pasien ini kondisinya baik dan dirawat di RS UNS sesuai standar Kementerian Kesehatan [Kemenkes]. Pada saatnya nanti akan dipulangkan. Tadi malam [Kamis] saya juga sudah berkomunikasi langsung via WA dengan mahasiswa ini dan mengatakan kondisinya baik," ujarnya.

Pasien dalam Kondisi Baik

Jamal juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menghubungi orang tuanya di Jakarta.

Gejala yang Sering Tak Disadari Pasien Virus Corona

"Kami sudah kontak dengan orang tuanya. Kami sampaikan juga bahwa putra mereka dalam kondisi baik. Mereka mengapresiasi kami dan RS UNS yang sudah melakukan penanganan dengan baik," imbuh Jamal.

Gagal Jantung Tak Pandang Usia, Kenali Gejalanya

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit (RS) UNS dr Hartono mengatakan hari Jumat (17/4/2020) merupakan hari ke-13 mahasiswa UNS Solo positif virus corona itu dirawat di RS UNS.

"Jika pasien ini sudah tidak positif dan terus membaik, nanti tentu diperbolehkan pulang," ujar dia.

Curiga Terpapar Virus Corona Tanpa Gejala? Periksa Kaki Anda

Sedangkan, Tonang Dwi Adryanto mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan swab berulang untuk memantau kondisinya. Dan sekarang pasien ini dalam kondisi baik.

UPDATE Berita Terbaru Virus Corona di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya