SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perdagangan Kota Semarang segera melanjutkan penggusuran pedagang kaki lima (PKL) di bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) Semarang, Jawa Tengah. Kali ini pembongkaran kios dilakukan di wilayah Kelurahan Karangtempel.

“Minggu depan, kami akan mulai bongkar 100 kios setiap minggunya. Kami sudah melayangkan surat kepada PKL Karya Mandiri agar simultan pindah,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (9/1/2019).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Fajar menegaskan langkah pembongkaran tersebut dilakukan karena tenggat waktu yang diberikan kepada PKL Karya Mandiri untuk segera pindah sudah molor terlalu lama. Langkah relokasi PKL di kawasan Sungai BKT itu dilakukan seiring proyek normalisasi sungai yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak akhir 2017.

Diakuinya, masih ada PKL yang enggan untuk pindah, padahal relokasi secara masal sebenarnya sudah disepakati dilakukan akhir Desember 2018. Para PKL beralasan fasilitas di tempat relokasi yang belum tersedia, seperti listrik, air, dan akses jalan, namun Fajar memastikan segera memenuhi fasilitas-fasilitas tersebut.

Saat ini, kata dia, Dinas Perdagangan sudah melakukan pengukuran lapak di tempat relokasi di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. Selain di kawasan MAJT Semarang, tempat relokasi PKL di kawasan yang akrab disebut Barito itu juga disediakan di Pasar Klithikan Penggaron dan sudah mulai ditempati pedagang.

“Kami juga sudah mengukur untuk kebutuhan listrik di tempat relokasi. Karena itu, kami meminta mereka untuk segera pindah. Selain listrik, jalan juga sedang dipersiapkan,” kata Fajar.

Pengerasan jalan untuk akses masuk ke tempat relokasi PKL di kawasan MAJT Semarang sudah dilakukan sehingga pedagang bisa pindah secara simultan, lanjut dia, sembari menunggu pekerjaan selesai. Setiap pekan, kata dia, enam kios dibongkar sejak ada kesepakatan pindah, tetapi karena kurang efisien akan diperbanyak 100 kios setiap pekannya mulai pekan depan.

Kan waktunya sudah selesai. Mereka juga sudah menyepakati pindah pada minggu keempat Desember 2018. Namun, sampai sekarang belum pindah,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Kota Semarang, sampai kini masih ada sekitar 300 kios PKL yang bertahan di Kelurahan Karangtempel.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya