SOLOPOS.COM - Ilustrasi demokrasi (freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Jumlah pengguna platform berbagi video terus meningkat. Youtube, Instagram, Facebok, Twitter, dan Tiktok adalah platform berbagi video yang paling banyak penggunanya. Pengguna Youtube menunjukkan peningkatan paling pesat.

Kategori video dengan penonton meningkat signifikan adalah video drama, keuangan, dan pewarnaan kulit. Secara keseluruhan pada kategori itu jumlah penonton pada 2021 meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Durasi menonton Youtube pada 2021 tumbuh dua kali lipat dibandung tahun sebelumnya.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Peningkatan jumlah penonton video makanan mencapai 40% dan video game RPG sebesar 70%. Youtube menjadi platform paling populer dibanding Instagram maupun Facebook dan Twitter. Facebook dan Instagram yang satu grup dalam payung Meta serius menggarap pangsa pasar video. Data selengkapnya di Demi Konten! Pahami Tren Distribusi Video Ini.

Peningkatan pengguna media sosial berbagi video menunjukkan peningkatan animo atas kebebasan berekspresi. Fakta menunjukkan peningkatan ini tak linier dengan kualitas demokrasi. Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) yang disusun sejak 2009 menunjukkan ada banyak problem demokrasi di tingkat lokal.

Ekspedisi Mudik 2024

Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES) Fajar Nursahid meneliti aspek-aspek demokrasi lokal di Nusa Tenggara Barat dan menemukan banyak problem yang disimpulkan menjadi penyumbang kemunduran demokrasi di Indonesia.

Fajar mengemukakan hasil riset tengang demokrasi lolak di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada rentang waktu 2009-20014 itu saat menyampaikan pidato ilmiah dalam sidang terbuka promosi dirinya sebagai doktor di Program Pascasarjana Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada Jumat (7/1/2022).

Fajar menyampaikan pidato ilmiah ringkasan disertasinya yang berjudul Masalah Demokrasi Lokal di Balik Pengukuran Indeks Demokrasi Indonesia (IDI): Studi Kasus di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2009-2014.

NTB dipilih sebagai kasus dalam penelitian ini karena NTB adalah provinsi dengan kualitas demokrasi terburuk, selalu masuk lima terbawah selama enam tahun berturut-turut pada 2009-2014. Duduk perkara bisa dibaca di Problem Demokrasi Lokal di Balik Indeks Demokrasi Indonesia.

Dalang Ki Narto Sabdo dianugerahi gelar Pahlawan Budaya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan itu diberikan kepada Jarot Sabdono, ahli waris dari Ki Nartosabdo, di sela-sela diskusi budaya bertema Menjaga Sang Maestro Ki Narto Sabdo yang digelar Forum Wartawan Pemprov-DPRD Jawa Tengah (FWPJT) di Kota Semarang pada Selasa 9 November 2021 malam.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah membangun patung seniman yang lahir dan dibesarkan di Kabupaten Klaten itu di kawasan Kota Lama Semarang. Patung itu dibangun di Jl. Pemuda yang tak jauh dari Alun-Alun Kota Semarang. Kisah selengkapnya tersaji di Mengenang Ki Nartosabdo, Maestro Dalang yang Bergelar Pahlawan Budaya. 

Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) berpendapat penggunaan UU ITE dalam mengusut kasus prostitusi online atau daring tidak tepat dan malah berbahaya. Dalam konteks pidana prostitusi, satu-satunya kriminalisasi hanya bagi muncikari dan atau pengguna jasa dari korban eksploitasi atau perdagangan orang.

ICJR menekankan bahwa untuk perbuatan memberikan jasa seks antarorang tidak diatur sebagai perbuatan pidana yang bisa dikriminalisasi. Pada pemberian jasa seks secara konsensual antarpihak yang memberi dan menerima dalam bentuk offline atau pun online tidak ada jerat pidana yang dapat diberlakukan. Duduk perkaranya bisa dibaca di Penggunaan UU ITE untuk Prostitusi Online Tidak Tepat dan Berbahaya.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus disajikan dengan perspektif khusus yang menelaah satu topik dengan berkedalaman. Pembaca akan mendapatkan data yang lengkap, analisis yang komporehensif, dan narasi yang menjelaskan. Silakan mengakses dan menikmati konten-konten premium di kanal Espos Plus dengan cara mendaftar terlebih dahulu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya