SOLOPOS.COM - Menpan RB, Tjahjo Kumolo. (Antara/HO-Kemenpan RB)

Solopos.com, JAKARTA — Pihak istana mengisyaratkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) sebagai pengganti Tjahjo Kumolo di Ibu Kota Nusantara (IKN) pekan depan atau sebelum akhir Agustus.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan Presiden Jokowi sudah mengantongi nama-nama kandidat Menteri PAN RB sebagai pengganti Tjahjo Kumolo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Heru menyampaikan itu saat berada di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022). “Ini ranah Pak Mensesneg dan Pak Seskab. Doain ada waktu untuk beliau bisa,” ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan Presiden Jokowi telah mengantongi sejumlah nama kader PDIP untuk menduduki kursi Menteri PAN RB. Hal itu disampaikan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dia mengatakan bahwa sejumlah nama pengganti Tjahjo Kumolo masih dalam pertimbangan dibahas Jokowi dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga : Pengganti Tjahjo Kumolo Diumumkan setelah 40 Hari, Hasto: Kader PDIP

“Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Namun, nanti akan dibahas Presiden dengan Ibu Mega,” katanya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (8/8/2022).

Sayangnya Pramono tidak memerinci siapa pengganti almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PAN RB.

Namun, dia menjelaskan alasan Jokowi berbincang dengan Megawati lantaran kursi Menteri PAN RB masuk ke dalam alokasi PDI Perjuangan (PDIP).

“Ya, seperti biasa memang sopan santun dalam kabinet kan seperti itu. Jadi sebelum diputuskan, Bapak Presiden mendapat masukan dari ketua-ketua umum partai dan ini biasa dilakukan kalau ada reshuffle kabinet,” ujarnya.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, memastikan calon Menteri PAN RB pengganti Tjahjo Kumolo berasal dari kader PDIP.

Baca Juga : Ganjar Jadi Pengganti Tjahjo Kumolo? Ini Keputusan Presiden Joko Widodo

“Tentang nama-nama sudah dibahas secara mendalam dan nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan Bapak Presiden Jokowi setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo akan menyampaikan siapa pengganti beliau,” katanya saat acara peluncuran bukunya di Bentara Budaya, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati, dan Presiden Jokowi telah beberapa kali bertemu. Secara khusus, sudah disampaikan beberapa nama pengganti Tjahjo Kumolo.

Kemudian, lanjutnya, ada finalisasi dari beberapa nama itu. “Yang jelas itu berasal dari kader PDI Perjuangan.”

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bocoran Pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya