[x] close
top ear
PENGELOLAAN SAMPAH WONOGIRI : Volume Sampah Plastik Wonogiri Naik 1%/Tahun
  • SOLOPOS.COM
    Pemungut sampah memilah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Ngadirojo, Wonogiri, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

PENGELOLAAN SAMPAH WONOGIRI : Volume Sampah Plastik Wonogiri Naik 1%/Tahun

Diterbitkan Selasa, 23/02/2016 - 01:50 WIB
oleh Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos
1 mnt baca -

Pengelolaan sampah Wonogiri terkendala belun adanya aturan dari pemkan setempat.

Solopos.com, WONOGIRI — Jumlah sampah plastik di Wonogiri setiap tahun meningkat sekitar satu persen. Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum (DPU), volume sampah di Wonogiri pada 2014 sebanyak 413 meter kubik per hari dan terus meningkat hingga 18 persen sejak 2012 lalu.

Jenis sampah yang menumpuk beragam, mulai dari sampah sisa makanan, sampah ranting tanaman, sampah plastik, kain, karet dan sebagainya.

Namun dari jumlah sampah yang ada, sampah plastik tercatat paling banyak ditemukan. Jumlahnya sekitar 20 persen dari total sampah yang ada.

"Jumlah tersebut terus meningkat sekitar satu persen setiap tahunnya," kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Toto Prasojo, Senin (22/2/2016).

Dia menilai sudah saatnya masyarakat Wonogiri mengurangi penggunaan plastik karena sampah plastik paling susah terurai. Menurutnya, wacana kantong plastik berbayar dinilai mampu menekan jumlah sampah plastik.

Dia menambahkan saat ini aturan yang membahas tentang pengelolaan sampah belum ada. "Kalau untuk retribusi sampah sudah ada, tapi untuk pengelolaannya belum," kata dia.

Sementara itu Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, menilai perlunya aturan khusus tentang sampah. "Persoalan sampah di Wonogiri belum separah daerah lain, namun itu [aturan pengelolaan sampah] perlu untuk mengantisipasi," kata dia, Senin.


Editor : Rohmah Ermawati ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini