Solopos.com, KUDUS — Fosil gading gajah sepanjang 1,5 meter ditemukan di kawasan Situs Patiayam di Gondoriyo, Dusun Ngrangit Lama, Desa Terban, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

PromosiSejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran bersama Museum Patiayam Kudus berhasil mengevakuasi fosil purba tersebut dari lokasi temuan di persawahan warga di lereng pegunungan Patiayam, Kecamatan Jekulo, sebagai kawasan Situs Patiayam, Jumat (17/12/2021).

Penggalian fosil dan pengangkatan hingga ke museum berjalan lancar, meskipun akses menuju lokasi cukup sulit karena harus melintasi sungai.

 

Petugas pelestari Situs Patiayam mengukur fosil gading gajah purba (Stegodon Trigenochepalus) saat penggalian fosil di Pegunungan Patiayam, Desa Terban, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (17/12/2021). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran bersama tim gabungan melakukan evakuasi fosil gading gajah persawahan warga di lereng Pegunungan Patiayam sebagai kawasan Situs Patiayam, Jumat (17/12/2021). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

 

Sebanyak satu fosil gading gajah purba yang ditemukan warga di pinggir Sungai Kancilan itu mempunyai panjang 1,5 meter. (Antara/Yusuf Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi