SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Reward bertujuan untuk meningkatkan antusiasme peserta amnesti pajak.

Harianjogja.com, WONOSARI— Memasuki bulan Oktober, sesuai amanah Pemerintah pusat, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wonosari memfokuskan sasaran program pengampunan pajak atau Tax Amnesty kepada UMKM di Gunungkidul. Untuk itu, sosialisasi mulai dilakukan agar program dapat berjalan sesuai harapan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Efisiensi dan Penyuluhan KPP Pratama Wonosari, Boby Setyo Muktiono mengatakan pihaknya mulai gencar melakukan sosialisasi kepada UMKM sekaligus melalui pemerintah kecamatan ataupun desa yang ada di Gunungkidul.

Sosialisasi tersebut di antaranya terkait dengan informasi dasar tentang Amnesti Pajak, cara pembayaran, dan ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan dalam program tersebut. Ia mengatakan sejauh ini wajib pajak di KPP Wonosari sebagian besar ialah pelaku usaha mikro. Sehingga, tahap sosialisasi akan terus difokuskan pada pelaku UMKM.

“Kebetulan wajib pajak kami sebanyak 90% adalah pelaku UMKM,” kata dia, Jumat (7/10/2016).

Boby melanjutkan, dalam tahap ini butuh upaya cukup besar untuk menyasar jumlah pelaku UMKM di Gunungkidul. Pasalnya, pada tahap pertama sebelumnya yang berakhir pada 30 September lalu, belum banyak pelaku UMKM yang mendeklarasikan hartanya di Kantor pajak.

“Pada tahapan pertama kemarin baru sekitar 10% pelaku UMKM yang berdeklarasi,” terang Boby.

Untuk itu, ia berharap dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan pada tahapan ini akan mampu menarik antusias WP untuk mengikuti amnesty pajak. Pihaknya pun akan bekerjasama dengan sejumlah dinas terkait.

Selain itu, untuk menarik antusias para pelaku UMKM untuk ikut Amnesti pajak, ia menyampaikan bahwa Kantor pajak sedang berupaya mempertimbangkan untuk menyediakan reward khusus bagi pelaku UMKM peserta amnesti pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya