SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengumumkan status Kota Solo KLB corona, Jumat (14/3/2020). (Solopos-Mariyana Ricky)

Solopos.com, SOLO — Nama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang akrab dengan sapaan Rudy, santer diperbincangkan warganet bakal mengisi jabatan Menteri Sosial (Mensos).

Sepak terjang orang nomor satu Kota Bengawan itu dianggap cukup sebagai bukti kapasitas atau kemampuan Rudy untuk menduduki jabatan sekelas menteri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diduga Ban Selip, Begini Kronologi Kecelakaan Mobil Yang Terbakar Hingga Sopir Meninggal Di Tol Sragen

Selain Rudy, ada pula sosok lain yang juga ramai digadang-gadang menggantikan Juliari Batubara sebagai Mensos. Sosok itu yakni Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Munculnya nama Rudy dan Risma dalam bursa pengisian jabatan Menteri Sosial mendapat tanggapan positif dari pengamat politik UNS Solo, Agus Riewanto.

Mobil Terbakar Di Tol Sragen, Sopir Meninggal Dengan Luka Bakar Parah Sampai Tak Bisa Dikenali

Menurut Agus, baik Rudy maupun Risma sama-sama punya peluang dan kapasitas untuk mengisi jabatan Mensos. Pertimbangannya adalah kinerja mereka selama jadi wali kota.

“Bila diambil dari kepala daerah, dua sosok itu layak dilihat dari performa. Mereka kader potensial PDIP,” ujarnya saat wawancara dengan Solopos.com, Jumat (18/12/2020).

Jadi Perbincangan Di Twitter, Wali Kota Solo Rudy Ditawari Jabatan Menteri Sosial?

Masa Pensiun

Apalagi, Agus melanjutkan Rudy dan Risma sama-sama akan mengakhiri masa jabatan sebagai kepala daerah dalam waktu dekat. Sehingga, menurutnya, akan sayang apabila mereka tidak diberdayakan untuk mengisi jabatan strategis pemerintahan Presiden Jokowi.

“Apalagi setelah ini mereka akan memasuki masa pensiun dan belum tahu mau ke mana. Sayang kalau tak diberdayakan,” kata Agus.

Ikuti Aturan Gubernur Ganjar, Wisatawan ke Solo Wajib Rapid Test Antigen

Faktor lain, Agus melihat sosok Rudy dan Risma sama-sama mempunyai kedekatan dengan Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri.

Artinya tinggal bagaimana Jokowi dan Mega dalam menentukan figur pengisi jabatan Mensos. Sebab jabatan itu dulu diisi kader PDIP dan kemungkinan besar jabatan itu juga akan diisi kader PDIP. Persoalannya sekarang siapa figur dari PDIP tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya