SOLOPOS.COM - BTS dengan Dynamite mencatatkan prestasi di Grammy Award. (Bisnis-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA-Kekalahan BTS di ajang Grammy Awards 2021 sepertinya menimbulkan kekecewaan sejumlah kalangan. Padahal, BTS jadi grup K-Pop pertama dalam sejarah musik Korea Selatan yang masuk ke nominasi Grammy Awards 2021.

Ya, kekalahan BTS di Grammy Awards 2021 yang diadakan pada Minggu (14/3/2021) waktu AS atau Senin (15/3/2021) waktu Asia Pasifik ini sepertinya juga membuat para penggemar BTS, Army, merasa kecewa. Untuk menghibur para Army, members BTS pun memberikan ucapan terima kasih kepada Army karena selalu mendukung mereka hingga detik ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

BTS pun sebelumnya pernah berpesan kepada Army, bahwa menang ataupun tidak dalam Grammy Award 2021. Ketujuh member grup tersebut tetap bahagia karena telah mendapat apa yang mereka inginkan.

Para Army pun tetap memberikan dukungan di tengah kekalahan BTS dalam Grammy Awards 2021.

"Terima kasih BTS, kami bangga kepada kalian. I love you so much!" tulis salah satu Army di akun @bts_bighit.

"Aku sangat bangga pada kalian. I love you endessly," tulis Army lainnya.

Baca Juga: Unggahan Foto Sophia Latjuba Ini Sukses Bikin Warganet Auto Menyesal, Kok Bisa?

Sejumlah kritikus musik tanggapi kekalahan BTS di Grammy Awards 2021. Padahal lagu Dynamite milik BTS mencatat sejumlah rekor.

Sayang, BTS gagal membawa pulang piala tahun ini. BTS menjadi salah satu nomine di kategori Best Pop Duo/Group Performance. Kategori ini kali pertama dibuat saat penyelenggaraan Grammy pada 2012. Tidak hanya jadi yang pertama dari Korea Selatan, BTS adalah musikus Asia pertama yang jadi nomine di kategori ini. Kategori ini dimenangkan oleh Lady Gaga dan Ariana Grande.

Para kritikus musik Korea Selatan mengomentari kekalahan BTS di Grammy Awards 2021. Seperti halnya penggemar, mereka juga menyayangkan BTS tidak bawa pulang piala tahun ini. Menurut kritikus musik Jung Min Jae, kesempatan BTS buat menang sebenarnya tidak kecil.

"Dynamite bertahan di tempat tertinggi di chart musik dan bahkan merangkak naik lagi baru-baru ini. Tapi memang, kompetisi dengan nominator lain sangat kuat," ungkap Jung Min Jae dikutip dari The Korea Herald dan detikcom pada Senin (15/3/2021).

Meski demikian, Jung Min Jae tidak ingin orang-orang menutup mata buat pencapaian BTS yang sudah sejauh ini. Juga bagaimana Grammy terbilang lebih terbuka buat lagu-lagu dan musisi non-Barat yang menyanyikan lagu di luar Bahasa Inggris.

Sudah jadi isu yang ramai dibicarakan soal eksklusivitas Grammy selama beberapa tahun ke belakang ini. Sehingga masuknya BTS jadi nomine perlu juga diberi apresiasi.

Baca Juga: Beyonce Mencetak Sejarah Di Grammy Awards 2021

"Jangan abaikan soal masuk nominasi saja juga sudah sangat signifikan. Bukan hal yang biasa buat girlband dan boyband (Korea Selatan) masuk nominasi atau menang di Grammy," beber Jung.

Dalam sejarah Grammy sendiri, Backstreet Boys jadi boyband yang selalu jadi nomine Grammy sejak debut mereka di 1993 tapi mereka tidak pernah menang sama sekali. Begitu juga dengan Jonas Brothers yang selalu jadi nomine sejak Grammy Awards di 2009.

Salah satu pengamat musik yang kecewa dengan kekalahan BTS di Grammy tahun ini adalah Lee Gyu Tak dari George Mason University Korea. Dia punya pandangan berbeda soal kekalahan BTS di Grammy tahun ini.

"Debut mereka di Grammy cukup terlambat, harusnya mereka sudah jadi nominasi setahun atau dua tahun yang lalu. Ini membuktikan betapa tertutupnya Recording Academy. Agak disayangkan lebih-lebih bagaimana para member sangat menantikan piala ini. Mereka sudah meraih semua pencapaian dan menjadikan Grammy sebagai tujuan akhir dalam hal penghargaan. Tapi aku tidak ragu mereka akan mendapat kesempatan lain di masa depan, mungkin salah satu dari empat kategori utama. Lagipula ini baru nominasi pertama," ujar Lee Gyu Tak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya