SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

KARANGANYAR–Satlantas Polres Karanganyar mulai awal 2012 menghentikan pengadaan surat ijin mengemudi (SIM) secara kolektif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasalnya, pengadaan SIM secara kolektif dinilai tidak efektif dan justru bisa menimbulkan indikasi pelanggaran pengadaan SIM di luar prosedur.

Kasatlantas Karanganyar, AKP Aidil Fitri Syah, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, mengatakan pengadaan SIM secara kolektif yang sudah digelar di beberapa kecamatan di Karanganyar, memang memudahkan masyarakat untuk mendapatkannya.

Masyarakat yang ingin memperoleh SIM, tidak perlu jauh-jauh datang ke Satlantas untuk melaksanakan ujian teori maupun ujian praktik berkendara. Namun cukup datang ke kelurahan atau tempat yang telah ditentukan untuk ujian.

“Tapi pengadaan SIM kolektif seperti itu rawan diselewengkan dan pengawasannya sangat kurang,” ujar Aidil kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Biasanya, kata dia, pelaksaaan ujian SIM kolektif ini diatur oleh pihak tertentu, misal kelurahan maupun pihak lainnya. Masyarakat yang menginginkan SIM, biasanya sudah dimintai iuran oleh panitia penyelenggara itu. Padahal, kata dia, pihak Satlantas hanya mewajibkan peserta untuk membayar biaya pemeriksaan kesehatan dan pengadaan SIM, ke bank.

“Kami ingin mengikis praktik di luar prosedur yang resmi, sebab anggapan orang jika melalui SIM kolektif akan lebih mudah,” ujar Aidil.

Jika urusan pengadaan SIM tersebut tidak sesuai dengan prosedur, yakni melalui ujian teori, ujian praktik dan sebagainya, sambung Aidil, maka itu sama halnya dengan membunuh mereka. Sebab ujian tersebut untuk menguji seberapa paham dan terampil mereka dalam berkendara.

JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya