SOLOPOS.COM - ilustrasi

Penerimaan pajak, Wapres JK menyatakan pesimistis kekurangan penerimaan pajak yang melebihi Rp400 triliun tak mungkin bisa terpenuhi.

Solopos.com, JAKARTA–Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan pemerintah tak akan sanggup mengejar kekurangan target penerimaan pajak 2015 yang melebihi Rp400 triliun dalam sisa waktu satu bulan terakhir ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hingga saat ini, realisasi penerimaan pajak masih di kisaran Rp865 triliun atau 66% dari target dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara-Perubahan (APBNP) yang senilai Rp1.294 triliun.

Menurut dia, pemerintah hanya memiliki dua solusi untuk menanggulangi kurangnya penerimaan pajak tahun ini, yakni mengurangi pengeluaran atau menambah utang negara.

“Hari ini pajak masih kekurangan Rp439 triliun sesuai target, dan kita terbuka saja bahwa tak mungkin Desember itu pendapatan pajak [capai] Rp400 triliun,” ujar dia di Indonesia Economic Outlook 2016, Selasa (1/12/2015).

Jika memilih solusi mengurangi belanja, jelasnya, pemerintah hanya bisa melakukan efisiensi anggaran pembangunan karena tak mungkin mengurangi belanja pegawai. Efisiensi dana pembangunan menjadi kesulitan lain karena berisiko menghambat pertumbuhan ekonomi ke depan.

“Biasanya yang dibintangi adalah anggaran pembangunan, maka terjadilah masalah di growth [pertumbuhan ekonomi]. Maka dari awal kita perlu [mengencangkan] ikat pinggang mengurangi pengeluaran yang tidak penting,”paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya