PENERIMAAN MAHASISWA BARU : UNS Solo Siapkan 100 Komputer untuk SBMPTN CBT

PENERIMAAN MAHASISWA BARU : UNS Solo Siapkan 100 Komputer untuk SBMPTN CBT
SOLOPOS.COM - Simak! Inilah Jadwal SBMPTN 2016

Penerimaan mahasiswa baru, ratusan komputer disiapkan untuk memfailitasi peserta SBMPTN CBT.

Solopos.com, SOLO–Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memastikan akan menyiapkan 100 komputer untuk memfasilitasi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 yang memilih mengikuti ujian dengan computer based test (CBT).

Hal itu dikemukakan Wakil Rektor (WR) I (Bidang Akademik) UNS, yang juga Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, ketika ditemui wartawan di Kampus UNS, Kamis (31/3/2016).

Sutarno menjelaskan perangkat komputer yang rencananya digunakan untuk SBMPTN CBT adalah perangkat komputer yang biasa digunakan untuk Uji Kompetensi Dokter (UKD).

“Sebetulnya ada 300 unit, tapi yang diperuntukkan seleksi nanti hanya sebagian. Kami siapkan 100 unit dan sisanya untuk cadangan. Namun jumlah pastinya akan menyesuaikan jumlah peserta seleksi yang memilih memakai CBT,” terangnya.

Sebelumnya, UNS Solo merupakan satu dari 23 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang akan menggelar SBMPTN dengan dua sistem, yakni paper based test (PBT) dan CBT. Namun penyelenggaraan SBMPTN CBT untuk kali pertama ini, ujian masuk tersebut menjadi pilihan bagi peserta. “Ya peserta bisa memilih akan ujian dengan CBT atau berbasis kertas,” tambah Sutarno.

Terkait SBMPTN 2016, menurut informasi di laman resmi SBMPTN 2016, pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari lamanhttp://download.sbmptn.ac.id, mulai 18 April 2016. Pendaftaran online PBT maupun CBT dibuka mulai 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi tiga, yaitu Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek, Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum, dan Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau campuran.

Khusus untuk peserta CBT hanya dibolehkan mengikuti kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Soshum saja. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Ujian tertulis baik untuk PBT maupun CBT dilaksanakan secara serentak 31 Mei 2016. Sedangkan Ujian Keterampilan dilaksanakan Rabu-Kamis, (1-2/6/2016). Hasil ujian akan diumumkan Selasa, 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago