SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Merdeka Madiun di Jl Serayu No. 79, Kota Madiun. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Penerimaan mahasiswa baru Unmer Madiun telah dibuka. Kini kampus di Madiun itu membatasi jumlah mahasiswa baru hingga 750 orang saja.

Madiunpos.com, MADIUN — Universitas Merdeka (Unmer) Madiun mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru. Mulai tahun 2016 ini, Unmer Madiun membatasai penerimaan mahasiswa baru hingga 750 orang saja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Humas dan Promosi Unmer Madiun, Ratna April, mengatakan pembatasan jumlah mahasiswa baru yang akan diterima itu disesuaikan dengan jumlah kelas dan dosen di Unmer. Sehingga, tidak seluruh pendaftar bisa diterima menjadi mahasiswa baru di kampus Madiun itu.

Ratna menambahkan pembatasan jumlah mahasiswa baru tersebut juga untuk mempertahan prestasi Unmer Madiun yang pada tahun 2015 lalu menempati peringkat ke-124 universitas terbaik tingkat nasional menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). “Ini upaya kami untuk menjaga kualitas pendidikan di Unmer Madiun. Jadi, jumlah mahasiswa baru disesuaikan dengan jumlah ketersediaan ruang dan jumlah dosen yang ada,” jelas dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Senin (15/2/2016).

Unmer Madiun memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum dengan program studi (prodi) S1 Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dengan prodi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan prodi S1 Ilmu Administrasi Negara dan S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Pertanian dengan prodi S1 Agroteknologi, dan Fakultas Teknik dengan prodi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, serta D-III Manajemen Informatika.

Ini Syaratnya…
Untuk menjadi mahasiswa baru di kampus Madiun itu, kata Ratna, pendaftar wajib memenuhi syarat pendaftaran, yaitu membayar biaya pendaftaran Rp350.000 di Bank Jatim Capem Unmer Madiun, mengisi formulir pendaftaran online pada laman sim.unmermadiun.ac.id/pendaftaran, menyerahkan fotokopi kartu keluarga (KK), menyerahkan empat lembar pas foto berwarna 3 cm x 3 cm, menyerahkan empat rangkap hasil cetak formulir pendaftaran, dan menyerahkan fotokopi ijazah SMA. Khusus bagi mahasiswa transfer/pindahan, pendaftar juga harus menyertakan fotokopi transkip nilai dari perguruan tinggi asal dan surat keterangan pindah dari perguruan tinggi asal.

Unmer Madiun menjadwalkan tiga gelombang pendaftaran, yaitu gelombang pertama dari 25 Januari 2016 hingga 27 Mei 2016 dengan seleksi pada 28 Mei 2016 dan pengumuman tanggal 4 Juni 2016. Gelombang kedua, waktu pendaftaran mulai 30 Mei 2016 hingga 29 Juli 2016 untuk menjalani seleksi pada 30 Juli 2016 dan hasilnya diumumkan tanggal 5 Agustus 2016. Sedangkan gelombang ketiga, waktu pendaftarannya dimulai 1 Agustus 2016 hingga 2 September 2016 dengan seleksi pada 3 September 2016 dan pengumuman pada 7 September 2016.

“Di Unmer Madiun juga disediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswa seperti Bidik Misi PPA, BBM, TPSDP, Supersemar, dan Tridarma,” terang Ratna.

Lebih lanjut, kata Ratna, bagi pendaftar Unmer Madiun yang memiliki nilai rata-rata SMA/sederajat 8,00 atau memiliki prestasi di tingkat provinsi akan langsung diterima menjadi mahasiswa baru tanpa seleksi penerimaan mahasiwa baru. Untuk materi seleksi masuk kampus di Madiun itu meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika IPA/IPS, dan IPA/IPS terpadu.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya