SOLOPOS.COM - Logo Undip Semarang (Dok)

Penerimaan mahasiswa baru di Undip lewat jalur mandiri dimulai Minggu ini.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Sebanyak 26.480 calon mahasiswa mengikuti seleksi tertulis ujian mandiri (UK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Minggu (26/7/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rektor Undip Semarang Prof. Yos Johan Utama mengatakan jumlah pendaftar UM meningkat dibandingkan 2014 hanya sebanyak 23.000 orang. “Dari seleksi UM ini yang akan diterima sebesar 20 persen atau 1.432 orang dari total kuota calon mahasiswa Undip tahun ini sebanyak 7.160 orang,” katanya kepada wartawan di sela meninjau pelaksanaan tes UM di Kampus Undip Tembalang, Kota Semarang, Minggu (26/7/2015).

UM, lanjut rektor merupakan seleksi terakhir dari tiga jalur bagi calon mahasiswa untuk dapat kuliah di perguruan tinggi negeri tersebut.
Dua jalur sebelumnya yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan jumlah calon mahasiswa yang diterima sebesar 50% dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jumlah calon mahasiswa yang diterima 30%.

Tes 18 Kota

Yos Johan Utama lebih lanjut menyatakan pelaksanaan tes UM, lanjut dia tidak hanya dilakukan di Semarang tetapi tersebar di 18 kota lain di Indonesia antara lain Jakarta, Bekasi, Bandung, Medan, Bali, Kupang, Makasar, Pekanbaru, Palembang, Makasar, dan Cibubur.

Dengan adanya tes UM di beberapa daerah ini memudahkan dan meringankan bagi calon mahasiswa karena tidak perlu harus datang ke Semarang yang memerlukan biaya mahal.

“Langkah ini juga dalam upaya agar bisa menyerap anak bangsa di seluruh Tanah Air yang akan kuliah di Undip,” tandas Yos didampingi Pembantu Rektor I Undip Prof Muhammad Zaenuri

Berdasarkan data pendaftaran, sambung rektor fakultas dan program studi (prodi) dan fakultas yang paling banyak diminati calon mahasiswa adalah Fakultas Kedokteran prodi Pendidikan Kedokteran sebanyak 5.711 orang.

Disusul Fakultas Hukum prodi Ilmu Hukum sebanyak 3.195 orang, kemudian Fakultas Teknik prodi Teknis Sipil sebanyak 2.489 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat prodi Kesehatan Masyarakat sebanyak 2.648m dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis prodi Manajemen sebanyak 2.524 orang. “Paling rendah adalah Fakultas Ilmu Bahasa prodi Sejarah Indonesia sebanyak 99 orang,” ungkap Yos.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip Prof Edy Rianto menyatakan hasil UM akan diumumkan pada 5 Agustus 2015. “Jumlah yang diterima UM kemungkinan lebih dari 20 persen karena ada tambahan dari calon mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN mengundurkan diri,” ujar dia.

Mengenai jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN yang mundur, Edy mengatakan masih dalam proses rekapitulasi, “Pekan depan sudah bisa diketahui jumlahnya,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya