SOLOPOS.COM - WNI yang dievakuasi dari Hubei, China yang tiba di Natuna disemprot desinfektan, Minggu (2/2/2020). (Reuters/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Wabah virus corona yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, berdampak banyak. Akibat wabah itu, penerbangan dari Indonesia ke China dan sebaliknya telah dilarang untuk sementara waktu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan penerbangan dari Indonesia menuju China maupun sebaliknya diberlakukan penundaan sementara. Penundaan penerbangan itu disampaikan Retno usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah tersebutu diambil untuk mencegah masuknya virus corona yang berasal dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China. "Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ditunda untuk sementara mulai hari Rabu pukul 00.00," ujar Retno seperti dikutip Suara.com, Minggu (2/2/2020).

Selain itu, pemerintah Indonesia telah melarang seluruh pendatang asal China daratan untuk memasuki Indonesia. Retno mengatakan pelarangan itu bersifat sementara.

"Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," ujar Retno usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (2/2/2020).

Selain memberlakukan larangan masuk, pemerintah Indonesia juga mengehentikan sementara bebas visa di negara China.

"Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan," tegas sang menteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya