SOLOPOS.COM - Pesawat Nam Air (Bisnis-Paulus Tandi Bone)

Solopos.com, SOLO — Jadwal dan rute penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Solo bertambah. Maskapai domestik Nam Air resmi membuka empat rute baru dari dan ke Bandara Adi Soemarmo mulai Minggu (29/3/2020).

Keempat rute baru ke luar Jawa ini adalah Solo-Pontianak pergi pulang (PP), Solo-Pangkalpinang PP, Solo-Palembang PP, dan Solo-Denpasar PP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nam Air tadinya mengoperasikan rute ini dari Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. Adanya pengalihan fungsi Bandara Adi Sutjipto yang tidak lagi melayani penerbangan pesawat komersial berjadwal dengan tipe jet membuat maskapai lokal ini mengalihkan ke Solo.

Dianggap Picu Perseteruan 2 Perguruan Silat Sragen, 1 Orang Ditangkap

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, pengalihan rute ke Bandara Adi Soemarmo Solo juga dilatari pemindahan seluruh penerbangan ke Yogyakarta International Airport di Kulonprogo.

Branch Manager Sriwijaya Air dan Nam Air, Taufik Usman, mengatakan pembukaan rute baru dari Bandara Adi Soemarmo ini untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan setia Nam Air dari berbagai daerah di Tanah Air.

Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengakomodasi penumpang yang sebelumnya sudah membeli tiket atau akan melakukan perjalanan dari Jawa Tengah menuju Sumatra, Bali, dan Kalimantan.

Corona Indonesia: Pakar UI Prediksi 2,5 Juta Orang Kena Corona, Kematian Capai 240.244

“Rute-rute baru ini dijadwalkan terbang setiap hari. Namun demikian karena ada force majeure berupa wabah Covid-19, rute ini terbang dengan jadwal tertentu,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan lantaran adanya wabah corona, rute Solo-Denpasar tidak beroperasi hinga 10 April 2020. Rute Solo-Denpasar ini terjadwal berangkat pukul 06.20 WIB.

Sementara rute Denpasar-Solo pukul 18.00 Wita. Rute Solo-Pontianak PP dan Solo-Palembang terbang setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Desa-Desa di Cawas Klaten Juga Lockdown, Keluar-Masuk Disemprot Disinfektan

Jadwal penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo Solo ke Pontianak pukul 06.20 WIB dan Pontianak-Solo pukul 08.20 WIB. Solo-Palembang terbang pukul 10.30 WIB dan Palembang-Solo pukul 15.10 WIB.

Antisipasi Persebaran Corona

Selain itu, rute Solo-Pangkal Pinang PP terbang pada Rabu, Jumat, dan Minggu. Jadwal keberangkatan Solo-Pangkal Pinang pukul 13.20 WIB dan Pangkal Pinang-Solo pukul 11.00 WIB.

Menurut Taufik, penerbangan perdana Nam Air, Minggu, rute Solo-Pontianak PP, Solo-Palembang PP, dan Solo-Pangkal Pinang PP load factor-nya rata-rata 70%-90%.

Penggerebekan Kades di Wonogiri Dipimpin Suami Sang Selingkuhan, Begini Kronologinya

“Penerbangan rute-rute ini menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 seat. Sebagai bentuk layanan prima kepada penumpang, Nam Air memberikan berbagai fasilitas seperti online check in, meals, dan bagasi cuma-cuma hingga 20 kg,” imbuhnya.

Manajemen anak perusahaan Sriwijaya Air itu juga melakukan berbagai langkah untuk mencegah persebaran Covid-19. Misalnya penyemprotan disinfektan ke seluruh pesawat, penerapan pembatasan sosial, dan pembatasan fisik.

Di konter check ini disediakan hand sanitizer dan kru pesawat menggunakan sarung tangan dan masker.

KLB Corona, 3 Pasar di Sukoharjo Ini Tutup Sementara

Pantauan Solopos.com melalui situs flynamair.com, harga tiket pesawat rute Solo-Pontianak dan Solo-Palembang Rp635.800-Rp781.000. Sedangkan rute Solo-Pangkal Pinang harganya mulai Rp852.000-Rp1,05 juta.

Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Goentoro, mengatakan sebelum Nam Air, Xpress Air sudah lebih dulu membuka penerbangan ke luar Jawa dari bandara di Solo tersebut akhir Maret 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya