[ X ] CLOSE

Penentuan Hari Iduladha 1442 Hijriah Akan Ditentukan 10 Juli

Kemenag akan menggelar sidang isbat penentuan Zulhijjah pada 10 Juli mendatang. Dari sidang isbat ini juga akan diketahui kapan waktu Iduladha.
Penentuan Hari Iduladha 1442 Hijriah Akan Ditentukan 10 Juli
SOLOPOS.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Bisnis-Kemenag)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat awal Zulhijah 1442 Hijriah/2021 Masehi pada Sabtu tanggal 10 Juli 2021. Sidang isbat ini pula yang akan jadi penentuan waktu Iduladha 1442 H.

Rencananya, sidang isbat ini akan dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang akan dilaksanakan via daring.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan meski digelar secara daring, akan ada beberapa peserta yang mengikuti sidang isbat di Kantor Kemenag. Peserta yang hadir secara fisik wajib menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Kamaruddin, dalam siaran pers yang diterima Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Duh! Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Klaten Stabil Tinggi, Lebih dari 10 per Hari

Perwakilan dari organisasi-organisasi masyarakat Islam akan mengikuti sidang isbat via daring.

Kamaruddin mengatakan Kemenag akan bekerja sama dengan TVRI untuk menyediakan materi siaran sidang isbat bagi media massa. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Zulhijah bisa berkoordinasi dengan TVRI sebagai TV pool.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming (siaran langsung),” kata dia.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Agus Salim, mengatakan sidang isbat akan dilaksanakan tiga tahap. Sesi pertama yang dimulai pukul 17.00 WIB. Dalam sesi ini akan disampaikan pemaparan mengenai posisi hilal awal Zulhijah 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, Thomas Djamaluddin.

Baca Juga: Warga Borangan Semarang Temukan Benda Arkeologi, Diduga Peninggalan Suku Kalang

Pada sesi kedua, sidang Isbat yang dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menteri Agama. Akan disampaikan laporan mengenai data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

“Sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming Medsos Kemenag,” kata Agus.

Sementara Iduladha jatuh pada 10 Zulhijjah.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago