SOLOPOS.COM - Ilustrasi mayat. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, WONOGIRI — Kabar munculnya sesosok mayat yang ditemukan bak penampungan air milik PDAM di Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri. Para pelanggan pun resah karena khawatir air dari PDAM tercemari sehingga membuat pemakai terjangkiti penyakit.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, Senin (11/8/2014), pelanggan PDAM di Purwantoro sebanyak 200-an orang. Salah satu bak penampungan air milik PDAM terdapat sesosok mayat, Minggu (10/8/2014) petang. Mayat tersebut diketahui bernama Julianto alias Gendut, 23, warga Dusun Karang, Desa Gondang, Kecamatan Purwantoro.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mudah-mudahan kabar pembuangan mayat itu tidak benar sehingga kami tidak bingung lagi mengonsumsi air ledeng (milik PDAM),” ujar pengguna air PDAM, Narko di Purwantoro.

Namun saat Solopos.com menanyakan perihal kejadian itu ke beberapa warga setempat, mereka mengakutidak tahu kejadian itu. “Saya tadi juga berkumur dengan air aliran PDAM. Ya tidak apa-apa itu. Paling banyak pelanggan PDAM yang belum tahu kejadian tersebut,” ujar Supriyono, warga Purwantoro.

Menurutnya, pengeringan bak yang dilakukan pengelola PDAM cukup baik. Dia berharap, pengelola PDAM tidak lagi ceroboh. Pelanggan PDAM yang lain, Hariyanto, meminta pengelola PDAM tak membuat bak penampung air terbuka. “Paling tidak, bak tersebut diberi penutup kawat kasa, seng atau apa sehingga tidak mudah kemasukan kotoran.”

Terpeleset
Kepala Cabang PDAM Giri Tirta Sari wilayah timur, Hendro, membantah ada upaya pembuangan mayat di bak penampungan air milik PDAM. Hendro menjelaskan mayat tersebut ada di dalam bak karena yang bersangkutan terpeleset sehingga tenggelam di bak penampungan.

“Ada orang naik ke bak penampungan air dan terpeleset. Keberadaan korban diketahui dari sandal yang terapung. Petugas jaga bersama warga menguras air dan menemukan korban,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, korban jatuh ke bak penampungan sekitar pukul 18.30 WIB dan selang 30 menit kemudian sudah ditemukan. “Saat ini bak penampungan air dalam proses higeinisasi. Bak tersebut dikeringkan dalam waktu tiga hari hingga empat hari setelah higeinis baru difungsikan kembali. Pemenuhan air kepada pelanggan dicukup dari bak yang lain yang sudah terkoneksi sehingga hari ini [Senin] tidak ada keluhan soal ketidaklancaran pasokan air PDAM.”

Hendro menyatakan, jumlah pelanggan air PDAM wilayah Purwantoro sebanyak 560-an pelanggan. Namun, tegasnya, sekitar 200-an pelanggan yang airnya dicukupi dari bak yang bermasalah. Diceritakan oleh Hendro, korban Minggu siang pergi mencari rumput dan sudah pulang ke rumah. “Namun, sore hari korban pergi lagi mengendarai sepeda sepeda motor dan tidak pulang. Ibu korban mencari ke rumah saudara benama Larto, yang juga penjaga Kantor PDAM Purwantoro.”

Diceritakannya, dalam pencarian warga curiga melihat sepeda motor korban terparkir di dekat bak penampungan air milik PDAM. “Warga melihat sandal terapung di bak sehingga dilakukan pengurasan dan menemukan korban sudah kaku. Diduga korban terpeleset dan jatuh ke bak. Jadi bukan bangkai mayat.”

Terpisah, Direktur PDAM Giri Tirta Sari, Wonogiri, Sumarjo ditemui di kantornya menegaskan, pihaknya bertindk cepat mengumpulkan semua kepala unit. “Pagi tadi (Senin) kami rapat dan diputuskan dilakukan inventarisasi pagar-pagar pengaman bak penampungan air yang kurang tinggi kemudian ditinggikan. Hasilnya ada tujuh titik yang perlu ditinggikan,” ujar Sumarjo.

Ketujuh bak itu berada di Purwantoro dan Wonogiri masing-masing dua bak serta masing-masing di Wuryantoro, Baturetno dan Nguntoronadi masing-masing satu bak. “Semua akses jalan ke bak penampungan diberi kunci pengaman, pagar ditinggikan agar kasus serupa di Purwantoro tidak terjadi lagi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya