Penemuan Ikan Duyung di Pantai Gegerkan Warga Lumpue Pare-Pare
Solopos.com|lifestyle

Penemuan Ikan Duyung di Pantai Gegerkan Warga Lumpue Pare-Pare

Penemuan ikan duyung oleh seorang nelayan di pantai Tonrangeg mengejutkan warga Lumpue Kota Pare-pare dan videonya viral di media sosial.

Solopos.com, PARE-PARE — Warga Desa Lumpue, Kecamatan Bacukiki Bar, Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan, dikejutkan kemunculan seekor ikan duyung atau dugong di desa mereka pada Sabtu (20/5/2021). Ikan duyung tersebut ditemukan salah satu warga yang sedang menjala ikan di pantai Tonrangeng.

Menurut salah satu warga Lumpue, Citra Wahyuni, 30, ikan duyung tersebut tersangkut di jaring nelayan sebelum dibawa warga dengan diikat ke tanggul. Tanggul kemudian dijebol agar ikan bisa ditonton warga sekitar.

Penemuan satwa itu terekam kamera ponsel salah satu warga Desa Tonrangeng. Video rekaman diunggah oleh akun Instagram @parepareinfo menjadi viral di media sosial. Video penemuan ikan duyung itu mendapatkan ribuan like dan ratusan komentar netizen.

Baca Juga: Joget Ala Tiktok Sambil Mengemudi, Mobil Pemuda Jatuh di Laut Karawang

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ParepareInformasi (@parepareinfo)

Citra mengungkapkan jika ia sebelumnya sempat beradu mulut dengan warga sekitar. Ia meminta warga agar ikan duyung yang viral itu dilepaskan kembali ke habitatnya.

"Saya sempat marah untuk minta ikannya dilepas, tapi kata penduduk nanti ikannya pulih baru dilepas, jadi saya katakan kenapa memang dibawa kesini sedangkan itu ikan dari laut bukan tempatnya disini, katanya mau di lihat dulu, bahkan ada yang mengatakan mau dipelihara" ungkap Citra mengutip keterangan di akun @parepareinfo pada Sabtu (20/5/2021).

Baca Juga: Mangrove Pantai Kertomulyo Jadi Destinasi Wisata Baru di Pati

Selang beberapa jam kejadian, tim SAR mendatangi lokasi ikan duyung untuk di evakuasi dan melepas kembali ke laut.

Apresiasi ke Tim SAR

Netizen yang melihat unggahan tersebut mengapresiasi tim SAR yang melepas hewan langka itu kembali ke habitatnnya.

Itu jg yg blg tunggu sadar baru dilepas, gak akan sadar kalau bukan dihabitatnya,untung ada tim SAR dan warga yg peduli lingkungan dan habitat. Alhamdulillah,” komentar pengguna akun @ vebrino.

Baca Juga: Eco Wave Power Ajak Panen Listrik Dari Gelombang Air Laut

Di sisi lain netizen berharap ada pihak terkait untuk memberi penyuluhan  kepada warga agar kejadian ikan duyung untuk tontonan tidak terulang lagi.

“Perlunya edukasi kepada warga agar kejadian ini tidak dapat terulang kembali,”  tulis pengguna akun @acobaso_99



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago