SOLOPOS.COM - Warga bersama tim dari Museum Sangiran melakukan penggalian temuan struktur bangunan diduga candi di tanah warga Dukuh Candi, Desa Bonagung, Tanon, Sragen, Rabu (11/12/2013). (JIBI/Solopos/Taufiq Sidiq Prakoso)

Solopos.com, SRAGENStruktur bangunan kuno yang ditemukan warga RT 010 Dukuh Candi, Desa Bonagung, Tanon, Sragen, diduga merupakan candi peninggalan Hindu-Buddha.

Penanggung Jawab Obyek Museum Sangiran, Anjarwati, menerangkan penggalian yang dilakukan siang itu untuk memastikan adanya indikasi struktur candi di wilayah Dukuh Candi. “Kami mengupas indikasi adanya struktur, karena kemarin masih tertutup dan hanya sedikit yang terlihat di permukaan tanah. Ini untuk meyakinkan temuan tersebut merupakan struktur atau bangunan apa,” kata Anjarwati, Rabu (11/12/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihaknya belum bisa memastikan periode pembangunan candi. “Kemungkinan masa Hindu-Budha. Hanya abad ke berapa kami belum bisa memastikan. Masih harus ada penelitian lebih lanjut.” Anjarwati menuturkan sebelumnya juga sudah ditemukan Arca Ganesha serta kendang yang diduga peninggalan dari candi tersebut. “Arca diinformasikan sudah di kecamatan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya