SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Penemuan bat candi di Kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman berupa 10 peripih atau kotak batu

Harianjogja.com, SLEMAN— Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogja menemukan “Peripih” atau kotak terbuat dari batu di Candi Perwara, Kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Peripih yang ditemukan di dalam Candi Perwara nomer 35 ini berjumlah 10 buah,” kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogja Wahyu Astuti, Selasa (8/3/2016).

Menurut dia, penemuan tersebut berawal pada dua minggu lalu pihaknya melakukan studi teknis di Candi Perwara nomer 35 yang posisinya berada di sisi utara kompleks Candi Prambanan.

“Saat pengumpulan data dengan ekskavasi, ditemukan adanya Peripih. Rencana pada 2017 akan dilakukan pemugaran. Sebelum pemugaran lakukan penelitian awal, saat pengumpulan data dengan ekskavasi itu ditemukan Peripih,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, Peripih ditemukan di dalam Candi Perwara atau candi pendamping nomor 35 di kedalaman sekitar 1,5 meter.

“Peripih yang ditemukan berjumlah 10. Bentuknya persegi panjang dan terbuat dari batu putih. Ukuranya 39 sentimeter X 21 sentimeter dengan ketebalan delapan sentimeter,” katanya.

Wahyu mengatakan, dalam satu peripih persegi panjang yang ditemukan terdapat dua lempeng. Satu yang dibawah tersapat lubang di tengah-tengahnya dan satunya menumpuk di atas. Satu lempeng yang menumpuk di atas berfungsi sebagai penutup.

“Saat ini ke 10 peripih yang ditemukan telah dibawa dan diamankan di Kantor BPCB Jogja,” katanya.

Ia mengatakan, BPCB Jogja masih melakukan penelitian mendalam terkait penemuan peripih di Candi Perwara Kompleks Prambanan.

“Ini temuan yang sangat penting, kami masih melakukan penyelidikan mendalam terhadap peninggalan sejarah ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya