SOLOPOS.COM - Ilustrasi tikus (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, New York–Penemuan baru ini bisa bermanfaat bagi kehidupan. Lewat transfusi darah dari seekor tikus muda dapat meremajakan otak dan otot seekor tikus tua.
Dalam penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Columbia University melaporkan memberikan darah tikus muda ke tikus tua dapat mengatasi gangguan yang ada di otak seperti dapat meningkatkan memori, menciptakan neuron baru dan meningkatkan kemampuan otak dalam merspon pengalaman.
Dalam studi selanjutnya, menemukan bahwa protein dalam darah tikus muda dapat meningkatkan kemampuan tikus tua untuk melakukan aktivitas.
“Saya pikir penelitian ini cukup menakjubkan,” kata neuroscientist Eric Kandel dari Columbia University sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (8/5/2014).
Ilmuwan yang telah mendapatkan 200 nobel dalam bidang kedokteran sebelumnya mengadakan penelitian pemberian darah tikus muda dari tikus tua yang ternyata mengalami gangguan fungsi kognitif. Sehingga, ia membaliknya, memberikan darah tikus tua dari tikus muda. Dan hasilnya dapat meremajakan otot dan otak sehingga bisa bekerja dengan maksimal seperti muda kembali.
Dalam sebuah makalah yang diterbitkan Nature Medicine, para ahli biologi yang dipimpin oleh Tony Wyss- Coray dari Stanford University dan Saul Villeda dari California University San Francisco menjelaskan dua cara dalam memindahkan darah dari tikus muda ke tikus tua.
Mereka menyuntikan plasma dari tikus yang berumur 3 bulan ke dalam badan tikus berusia 18 bulan yang menjelang akhir angka hidup mereka. Cara satunya lagi adalah dengan melakukan pembedahan menghubungkan sistem peredaran darah dari tikus muda dengan yang tikus tua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya