Penelitian: Penggunaan Masker Ganda 95 Persen Efektif Mencegah Droplet

Penelitian yang dilakukan CDC Amerika Serikat menyebutkan penggunaan masker ganda atau dobel bisa cegah droplet hingga 95 persen.
Penelitian: Penggunaan Masker Ganda 95 Persen Efektif Mencegah Droplet
SOLOPOS.COM - Ilustrasi masker ganda. (iStock)

Solopos.com, SOLO — Sebuah penelitian dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit atau CDC di Amerika Serikat menyebutkan penggunaan masker ganda bisa mencegah paparan droplet hingga 95 persen.

Penelitian CDC menemukan bahwa mengenakan masker kain di atas masker medis alias penggunaan masker ganda dapat meningkatkan kesesuaian masker medis di wajah.

Baca Juga: Berdiri di Kawasan Paling Bersejarah, Hotel Mexolie Primadona Pengunjung

Masker medis secara substansial mengurangi tetesan droplet. Sedangkan pemakaian masker kain yang lebih erat dan pas di wajah, tanpa ada ruang yang terbuka, akan dapat menahan paparan partikel aerosol yang mungkin ada pada saat pemakainya berada di dalam ruang tertutup bersama dengan orang lain.

Sehingga penggunaan masker ganda dengan dasar masker medis yang dilapisi masker kain adalah perpaduan yang sangat baik.

Baca Juga: Mbah Mad, Sosok Rohaniwan Khasmatik Para Politisi Indonesia

Dari penelitian itu juga menunjukkan bahwa masker medis memang ditemukan lebih longgar daripada masker respirator seperti N95, namun efektivitas masker kain dan prosedur medis dapat ditingkatkan. Caranya adalah dengan memastikan bahwa masker tersebut dipasang dengan baik, sesuai kontur atau bentuk wajah pemakai untuk mencegah kebocoran udara di sekitar tepi masker. Juga disarankan untuk mengikat tali masker medis dengan bentuk simpul dan meratakan masker medis mengikuti bentuk wajah.

“Penelitian tersebut menyatakan, bahwa paparan penerima berkurang secara maksimal, lebih dari 95% ketika sumber dan penerima dilengkapi dengan masker ganda,” Juru Bicara Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengutip hasil penelitian CDC tersebut.

Baca Juga: Diputuskan Hari ini, Apakah PPKM Level 4 akan Diperpanjang atau Tidak?

Filtrasi Masker Ganda di Atas 80 Persen

Reisa dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Minggu (1/8/2021) itu mengatakan penggunaan masker ganda yang terdiri dari masker medis dan kain dapa t memfiltrasi atau daya saringnya sangat tinggi, yakni 80 persen.

“Gunanya? Filtrasi atau daya saring masker akan semakin tinggi. Penelitian Dr. Emily Sickbert Bennet dkk, membuktikan filtrasi masker dobel naik di atas 80 persen,” imbuh dia.

Baca Juga: Jadwal Atlet Indonesia di Olimpiade Hari Ini: Ayo, Dukung Greysia/Apriyani Mengejar Emas

Sementara itu, tingkat kepatuhan penggunaan masker di Indonesia baru di tingkat 91 persen. Sehingga peluang virus menjangkiti orang lain masih terbuka lebar.

“Menurut Profesor Wiku Adisasmito, masih ada sekitar 27,03% desa atau kelurahan di Indonesia memiliki kepatuhan rendah dalam menggunakan masker. “Bagi yang belum disiplin memakai masker, mari kita menghormati hak orang lain untuk tetap sehat dan menjadi warga yang bertanggung jawab,” pungkas dia.

Baca Juga: Duh, Konsumsi Susu Sapi Bisa Picu Kanker Payudara


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago