SOLOPOS.COM - Evolusi ilustrasi (mhmcintyre.us)

Evolusi ilustrasi (mhmcintyre.us)

SHEFFIELD—Sejumlah ilmuwan meyakini hingga kini manusia masih terus berevolusi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah bukti dikemukakan untuk mendukung pendapat yang disampaikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Science yang terbit online, Selasa (1/5). Salah satunya adalah ukuran otak manusia yang cenderung mengecil sejak 5.000 terakhir.

Para ilmuwan meneliti data 6.000 penduduk Finlandia yang lahir antara 1760 hingga 1849. Mereka menganalisis informasi kelahiran, kematian, pernikahan dan status ekonomi orang-orang tersebut. Data tersebut dapat diperoleh dengan mudah karena subjek genealogi sangat populer di Finlandia.

“Mempelajari evolusi butuh sampel data individual yang besar, yang mencakup kehidupan seseorang,” ujar peneliti dari University of Sheffield Inggris, Virpi Lummaa, seperti dilansir Livescience hari ini.

Dari penelitian tersebut ilmuwan menemukan hubungan antara pertanian dengan aspek kehidupan masyarakat setempat. Beberapa aspek penting antara lain, kemampuan bertahan hidup dan kedewasaan, menemukan pasangan serta pernikahan dan kesuburan masing-masing pasangan. Peneliti pun menyimpulkan, orang-orang tersebut berevolusi seperti spesies lainnya di Bumi.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya