SOLOPOS.COM - MONSTER—Perbandingan ukuran buaya raksasa yang hidup di Kenya. (Chris Brochu/uiowa.edu)

MONSTER—Perbandingan ukuran buaya raksasa dan manusia yang hidup di Kenya. (Chris Brochu/uiowa.edu)

IOWA—Buaya Nil terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang enam meter lebih. Namun, sejumlah peneliti dari Universitas Iowa AS mengklaim menemukan fosil spesies yang sama sepanjang delapan meter lebih di Afrika Timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ukurannya yang besar, membuat “monster” buaya itu cukup mudah menelan manusia pada zaman itu. “Ini adalah buaya terbesar yang pernah diidetifikasi,” ujar peneliti Universitas Iowa, Profesor Christopher Brochu, seperti dilansir website kampus setempat, Sabtu (5/5).

Hasil penelitian itu telah dipublikasikan dalam Journal of Vertebrate Paleontology. Brochu menjelaskan, spesies buaya tersebut hidup sekitar dua atau empat juta tahun silam di wilayah Kenya. Bentuknya sama persis dengan buaya Nil saat ini, meski berukuran lebih besar.

Penelitian itu dimulai pada pemeriksaan fosil buaya di Museum Nasional Nairobi tiga tahun lalu.

“Buaya-buaya besar itu hidup berdampingan dengan nenek moyang manusia, bahkan mungkin mereka juga memakan manusia,” kata Brochu.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya