SOLOPOS.COM - Ilustrasi kanker payudara (Freepik)

Solopos.com, SOLO --- Sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Epidemiologi menyebutkan bahwa konsumsi susu sapi bisa meningkatkan risiko kanker payudara hingga 80 persen.

Tetap Cantik Meski Keringatan, Ini Gaya 5 Artis Indonesia Saat Sepedaan

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Mengonsumsi seperempat hingga sepertiga cangkur susu sapi per hari dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker payudara sebesar 30 persen. Dengan minum hingga satu cangkir per hari, risiko yang terkait naik hingga 50 persen dan bagi mereka yang minum dua tiga cangkir per hari. Risikonya, meningkat lebih lanjut menjadi 70 persen hingga 80 persen," ujar salah satu peneliti, Gary E Fraser seperti yang dilansir Suara.com dari Science Daily, Jumat (3/7/2020).

Gary menduga pemicunya adalah salah satu kandungan hormon seks yang ada pada susu sapi. Pasalnya, sapi juga menyusui anaknya dan sekitar 75 persen dari sapi perah sedang hamil.

Kenapa Makan Kuaci Bagus untuk Pertumbuhan Anak?

"Susu sapi memang memiliki beberapa kualitas gizi yang positif. Tetapi, ini perlu diseimbangkan dengan kemungkinan lain, yakni adanya efek yang kurang bermanfaat. Pekerjaan ini menunjukkan kebutuhan mendesak untuk penelitian lebih lanjut," tambah dia.

Penelitian

Dikabarkan Liputan6.com, penelitian ini dilakukan di Loma Linda Health University, California, Amerika Serikat dengan memantau lebih dari 52 ribu wanita berusia rata-rata 57 tahun.

3 Resep Menu Vegetarian Lezat Mirip Olahan Daging

Dalam melakukan penelitian ini, peneliti juga memantau diet, faktor keturunan, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, obat yang dikonsumsi mereka. Semua wanita bebas kanker pada awal penelitian.

Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget, Nomor 2 Bisa Nggak?

Seusai delapan tahun penelitian berjalan, ditemukan hasil bahwa susu sapi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Risiko tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mengonsumsi susu kedelai atau tanpa susu sama sekali..

Kenapa Tidak Boleh Menyimpan Buah Semangka di Kulkas?

Tutorial Makeup Natural Ala Korea

Begini Cara Bahagiakan Suami Ala Tante Ernie Pemersatu Bangsa

Wow! Youtuber Cantik Asal China Raup Rp72 Miliar dari Konten Seperti Ini

Sudah Nonton 5 Film Terbaik Netflix Sepanjang 2020 Ini?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya