SOLOPOS.COM - Bumi (wikipedia)

Solopos.com, SOLO--Waktu berlalu lebih cepat dalam setengah abad terakhir dan pernyataan ini dibenarkan oleh para peneliti.

Menurut peneliti, 28 hari tercepat dalam catatan terjadi pada 2020 sejak sekitar setengah abad silam atau pada 1960.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan kata lain, Bumi menyelesaikan revolusinya di sekitar porosnya milidetik lebih cepat dari rata-rata.

Kejadian ini bukan hal yang terlalu mengkhawatirkan, sebab rotasi planet sedikit berbeda sepanjang waktu. Hal ini disebabkan oleh variasi tekanan atmosfer, angin, arus laut, dan pergerakan inti.

Tetapi, ini membuat tidak nyaman bagi pencatat waktu internasional, yaitu mereka yang menggunakan jam atom ultra-akurat untuk mengukur Waktu Universal Terkoordinasi (UTC).

Jika waktu astronomis, yang ditetapkan oleh waktu yang dibutuhkan Bumi untuk melakukan satu putaran penuh, menyimpang dari UTC lebih dari 0,4 detik, maka UTC perlu mendapatkan penyesuaian akan hal itu.

Pemkab Sebut Tak Ada Tempat Wisata di Wonogiri yang Nekat Buka

Penyesuaian

Dilansir dari Live Science dan dikabarkan kembali oleh Bisnis.com belum lama ini, sampai sekarang penyesuaian ini terdiri dari penambahan leap second pada akhir Juni atau Desember, membawa kembali waktu astronomi dan atom.

Detik-detik lompatan itu diterapkan karena tren keseluruhan rotasi bumi melambat sejak pengukuran satelit yang akur dimulai pada akhir 1960-an.

Sejak 1972, para ilmuwan telah menambah detik kabisat setiap setengah tahun menurut National Institute of Standards and Technology (NIST). Penambahan terakhir terjadi pada 2016, ketika malam tahun baru pukul 23:59:59, tambahan ‘detik kasibat’ dimasukkan.

Namun, menurut Time and Date, percepatan putaran Bumi baru-baru ini membuat para ilmuwan berbicara untuk pertama kalinya tentang lompatan negatif kedua. Alih-alih menambahkan satu detik, mereka mungkin perlu mengurangi satu detik.

Ini karena rata-rata panjang hari adalah 86.400 detik, tetapi nanti, hari astronomi pada 2021 akan memiliki waktu rata-rata 0m05 milidetik lebih pendek. Sepanjang tahun ini, akan ada tambahan jeda sekitar 19 milidetik dalam waktu atom.

Peter Wibberley, fisikawan dari National Physics Laboratory di Inggris, mengatakan sangat mungkin bahwa lompatan negatif kedua akan diperlukan jika laju rotasi bumi semakin meningkat. Akan tetapi, saat ini masih terlalu dini untuk mengatakan apakah hal ini mungkin terjadi.

"Ada juga diskusi internasional yang sedang berlangsung tentang masa depan detik kabisat, dan mungkin juga kebutuhan akan detik kabisat negatif dapat mendorong keputusan untuk mengakhiri detik kabisat untuk selamanya,” katanya.

Kapan Mulai dan Selesai Isolasi Mandiri Bagi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala?

2020 Lebih Cepat Secara Astronomis

Tahun 2020 sudah lebih cepat dari biasanya secara astronomis, menurut Time and Date. Sebelumnya, Bumi berhasil memecahkan rekor untuk hari astronomi terpendek, yang ditetapkan pada 2005 sebanyak 28 kali.

Hari terpendek pada tahun itu adalah 5 Juli, karena Bumi menyelesaikan rotasi 1,0516 milidetik lebih cepat dari 86.400 detik. Sedangkan, hari terpendek di tahun 2020 adalah 19 Juli, ketika planet menyelesaikan satu putaran 1.4602 milidetik lebih cepat dari 86.400 detik.

Menurut NIST, detik kabisat memiliki pro dan kontra. Mereka berguna untuk memastikan bahwa pengamatan astronomi disinkronkan dengan waktu jam, tetapi dapat merepotkan beberapa aplikasi pencatatan data dan infrastruktur telekomunikasi.

Beberapa ilmuwan di International Telecommunication Union telah menyarankan agar jarak antara waktu astronomi dan waktu atom melebar hingga "jam kabisat" diperlukan, yang akan meminimalkan gangguan pada telekomunikasi. Sementara itu, para astronom harus membuat penyesuaian sendiri.

Sebagai informasi, International Earth Rotation and Reference Systems Service (IERS) di Paris, Prancis, bertanggung jawab untuk menentukan apakah perlu menambah atau mengurangi detik kabisat. Saat ini, IERS tidak menunjukkan detik kabisat baru yang dijadwalkan untuk ditambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya