SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi (Dok/JIBI)

Penelantaran anak terjadi di Temanggung. Sesosok bayi ditemukan di gubuk di tepi jalan raya Parakan-Wonosobo, Temanggung, Kamis (1/10/2015).

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Seorang bayi laki-laki ditemukan di sebuah gubuk di tepi jalan raya Parakan-Wonosobo di Desa Kalirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (1/10/2015).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Bayi tersebut kali pertama ditemukan oleh dua orang petani yang kebetulan lewat sekitar lokasi, yakni Slamet Paimin, 62, warga Caturanom Parakan, dan Tarwidi, 50, warga Kalirejo, Kledung, Temanggung.

KBO Satreskrim Polres Temanggung Ipda Khundori mengatakan temuan bayi itu kemudian dilaporkan kepada perangkat desa dan bayi dibawa ke rumah Kades Kalirejo, Muhtar.

“Bayi tersebut ditemukan sekitar pukul 06.30 WIB di gubuk pinggir jalan raya Parakan-Wonosobo oleh dua orang petani. Kami masih menyelidiki kemungkinan besar bayi ini sengaja dibuang dan pelakunya sepertinya sudah paham dengan keadaan sekitar karena tahu kalau di gubuk ada kasur dan bantalnya, semoga pelakunya bisa segera kami tangkap,” katanya.

Dokter Puskesmas Kledung Dina Nur Faizah yang melakukan pemeriksaan terhadap bayi tersebut menyatakan kondisi bayi dalam keadaan sehat.

Ia memperkirakan rentang waktu dari saat dibuang hingga ditemukan tidak terlalu lama, karena suhu tubuh bayi masih normal dan tidak kedinginan meskipun udara di kawasan antara lereng Gunung Sindoro-Sumbing itu relatif dingin.

“Umur bayi sekitar lima hingga tujuh hari, berat badan tiga kilogram, panjang 49 centimeter, suhu badan 35,6 derajat celicius. Tubuhnya tidak dalam keadaan kedinginan, lalu di tali pusar ada klemnya jadi dia lahir melalui perawatan medis. Kami perkirakan dia belum lama dibuang sebab tidak kedinginan padahal suhu sekitarnya dingin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya