SOLOPOS.COM - Sejumlah massa yang tergabung dalam Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) menggelar demo di Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Kuningan, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Jumat (20/5/2022). (Bisnis/Pernita Hestin Untari)

Solopos.com, JAKARTA—Massa pendukung Ustaz Abdul Somad  (UAS) menggelar demo di Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Kuningan, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Jumat (20/5/2022).

Massa yang tergabung dalam Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) menggelar demo untuk menyuarakan aspirasi terkait penolakan Singapura terhadap UAS dan rombongan saat hendak masuk ke Singapura pada Senin (16/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka menyerukan tiga tuntutan yang ditujukan kepada pemerintah Singapura, pemerintah Indonesia dan Kedutaan Besar RI di Singapura.

Baca Juga: Breaking News: Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura

Tuntutan tersebut adalah:

  1. Mengecam Singapura karena telah mendeportasi UAS tanpa alasan yang jelas. Singapura harus meminta maaf secara langsung kepada umat Islam Indonesia karena telah mendeportasi UAS beserta rombongan.
  2. Apabila dalam tempo 2×24 jam Pemerintah Singapura belum meminta maaf, maka Pemerintah RI harus meninjau ulang hubungan diplomatik RI-Singapura
  3. Mendesak Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo meminta maaf kepada UAS umat Islam Indonesia karena telah bersikap acuh tak acuh pada kasus tersebut.

Baca Juga: UAS Ditahan di Ruangan 1 Meter x 2 Meter sebelum Dideportasi Singapura

Kapolsek Setia Budi Kompol Agung Permana mengungkapkan tidak ada pengamanan arus maupun pengamanan khusus. Massa yang berdemonstrasi tidak terlalu banyak.

“Pengamanan dari kepolisian pasti kita mengerahkan baik dari polres maupun polsek untuk pengamanan hari ini. Kemudian untuk lalu lintas tidak ada pengalihan atau penutupan jalan, enggak ada,” kata Agung di depan Kedubes Singapura, Jumat (20/5/2022).

Meskipun demikian, Agung menyampaikan tetap mengantisipasi kepadatan lalu lintas. Dia meminta bantuan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengamankan lalu lintas di sekitar lokasi.

Baca Juga: Kronologi Ustaz Abdul Somad Dideportasi dari Singapura

“Kurang lebih hari ini sekitar 50 personel, 50 sampai 100 personel,” imbuhnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: 3 Tuntutan Demo Massa Pendukung UAS di Kedutaan Besar Singapura

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya