SOLOPOS.COM - Jumpa pers para pendukung Anies Baswedan yang tergabung dalam Simpul Anies Presiden (S1AP) dalam kunjungan Tour de Java dengan agenda silaturahmi dan konsolidasi di Soloraya, Hotel Omaya, Baki Sukoharjo, Kamis (22/7/2022) malam. (Solopos.id/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO – Para pendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai Presiden RI yang tergabung dalam Simpul Anies Presiden (S1AP) menyambangi Sukoharjo dalam acara Tour de Java Kamis (22/7/2022) malam.

Kunjungan itu bertujuan saling bersilaturahmi dan berkonsolidasi dalam rencana pembentukan jaringan di tingkat kabupaten/kota hingga pada tingkat kecamatan, kelurahan ataupun desa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) S1AP, Wisnu Permadi, mengatakan tujuan kehadirannya di Jawa Tengah khususnya di Sukoharjo ini untuk berkonsolidasi menjangkau tim penggerak S1AP, khususnya di wilayah Soloraya.

“Konsep dari pada kunjungan silaturahmi kami yang disebut dengan Tour de Java ini adalah one way to road Mas Anis [Anies Baswedan, jadi presiden] 2024,” Jelas Wisnu saat menggelar jump apers di Hotel Omaya, Baki Sukoharjo, Kamis malam.

“Kami akan berkunjung di 10 titik di kabupaten baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur. Kita bermula di Semarang dan berakhir di Boyolali,” jelasnya lagi.

Baca juga: Megawati Pusing Capres PDIP? Ini Kata Pengamat

Wisnu membeberkan rute tersebut bermula dari Semarang masuk ke Soloraya, menuju Madiun. Kemudian bertolak ke Surabaya, Malang, Jember, Jogja, Gunung Kidul, dan kembali ke Boyolali menuju ke arah Jakarta.

Sehingga dia menyebut total zona lokasi yang menjadi sasaran di Jawa Timur ada 24 kabupaten/kota dibagi dalam 5 titik pertemuan. Sedangkan di Jawa Tengah ada delapan kabupaten yang terbagi dalam dua titik.

Tour de Java ini dimulai Juni dan berakhir November 2022 di Jawa [Barat dan Tengah]. Agustus akan mulai di Jawa Barat, ada di 27 kabupaten, kemudian tur di Sumatra setelah itu baru tur di Jabodetabek. Baru kami tur Indonesia Timur,” terangnya.

Pihaknya menargetkan kegiatan itu akan berakhir di November 2022 dengan terlaksananya rapat koordinasi nasional (rakornas) S1AP. Target setidaknya dihadiri 200-400 kabupaten/kota.

Selain kunjungannya, penggerak S1AP Indonesia akan mulai menarik laju gas untuk melakukan konsolidasi di tingkat lapangan dari DPP, DPW, DPC, DPK, ranting hingga lapisan masyarakat.

Baca juga: Anies Baswedan Cabut Izin 12 Gerai Holywings, Hotman Paris Sowan ke MUI

Ditanya terkait rencana tur bersama Anis Baswedan pihaknya mengatakan sampai saat ini Anie Baswedan terkendala agenda, mengingat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Usai masa baktinya nanti beliau akan menyapa kepada seuruh lapisan masyarakat lalu saling bertegur sapa dan saling mengenal satu sama yang lain. Karena di sini kami bukan lagi berbicara mengenai politik namun menyatukan hati kepada masyarakat,” katanya.

“Sekali lagi tujuannya bukan untuk kampanye tetapi mengenal dari hati ke hati, siapa sih beliau?” tambahnya.

Simpul S1AP Indonesia sendiri menurutnya telah memiliki AD/ART dan surat keputusan (SK) dari kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham) sesuai dengan aturan yang ada.

“Perbedaannya dengan Sahabat Anis kalau mereka bentuknya kerelawanan. Kalau kami ini penggerak yang membentuk jaringan secara struktural yang berlandaskan AD/ART dan SK tadi,” katanya saat ditanya wartawan.

Baca juga: Survei Pilpres 2024: Anies, Ganjar & Prabowo Kandidat Kuat Capres

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPN S1AP, Muhammad Hamim, mengatakan ada tiga pesan dalam gerakan itu yaitu jaga, kawal, dan menangkan Anies Baswedan. Dia juga mengatakan zonasi yang telah di sebutkan tersebut berdasarkan hasil survei lapangan.

“Petanya kenapa Jawa ada zona-zona itu, pak ketum sudah riset daerah dimana zona-zona rawan yang harus dikunjungi Pak Anis. Secara survei, secara elektabilitas, kapasitas di Tim S1AP Indonesia. Kami melihat daerah-daerah itu perlu ada sentuhan simpul Anis Baswedan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya