SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menyumbangkan darah mereka di di Griya Solopos, Sabtu (6/6/2015) siang. (JIBI/Solopos/Ika Yuniati/dok)

Pendonoran darah digelar di Griya Solopos, Sabtu (6/6/2015).

Solopos.com, SOLO-Menjelang Bulan Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) Solo giat melakukan program pendonoran darah. Salah satunya dilakukan di kantor PT Aksara Solopos, Sabtu (6/6/2015) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara donor darah tersebut diikuti sekitar 70 warga Solo. Hingga acara selesai terkumpul sedikitnya 70 kantong darah yang dikumpulkan pihak PMI. Sebanyak 18 kantong bergolongan darah A, 15 kantong golongan B, 27 kantong golongan O dan enam kantong golongan AB.

Anggota staf administrasi PMI Solo, Andri Anto, mengatakan selain Solopos ada enam instansi lainnya yang juga menjalin kerjasama donor darah dengan PMI. Acara semacam ini dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali. Selain untuk mempererat hubungan antarinstansi, acara ini juga dalam rangka memenuhi stok darah PMI menjelang Ramadan. Mengingat setiap kali Bulan Ramadan jumlah pendonor menurun drastis, padahal permintaan dan kebutuhan darah terus ada.

Saat ini menurutnya stok darah di PMI masih aman. Ia berharap masyarakat aktif menjadi pendonor agar target mereka pada pada Ramadan nanti terpenuhi. “Kalau Ramadan banyak yang enggak donor. Makanya kami menggelar donor darah baik di PMI maupun bekerjavsama dengan instansi lain,” kata Andri.

Salah satu pendonor asal Purwosari, Warsini, 44, berharap PMI sering bekerja sama dengan instansi swasta maupun pemerintah agar akses para pendonor lebih mudah. Selama ini ia rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. Namun sering terhambat karena jarak yang terlalu jauh jika harus ke kantor PMI yang beralamat di Jebres. “Kalau ada acara dengan instansi seperti ini kan enak. Kita bisa mendonorkan darah di tempat yang lebih dekat dengan rumah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya