SOLOPOS.COM - Ilustrasi donor darah (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KUDUS–Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sepekan ini tidak melakukan kegiatan pendonoran darah keliling karena stok darah masih cukup banyak.

PMI Kudus melaksanakan kegiatan itu secara keliling kali terakhir pada Sabtu (21/1/2023) lalu. Saat itu, pihak PMI melaksanakan kegiatan di Kantor GP Ansor Besito dan di Balai Desa Jurang. Setelahnya, PMI Kudus belum lagi melaksanakan kegiatan pendonoran darah keliling.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Humas Unit Donor Darah PMI Kudus Praptiningsih menjelaskan pihaknya saat ini masih memiliki stok darah yang cukup untuk menyuplai kebutuhan pasien. Hingga Jumat (27/1/2023), stok ketersediaan darah PMI Kudus ada 447 kantong darah. Perinciannya stok golongan darah A ada 134 kantong dan stok golongan darah B ada 164 kantong. Sementara, stok golongan darah AB ada 34 kantong. Sedangkan, stok golongan darah O ada 115 kantong darah.

”Untuk donor darah keliling kami lanjutkan mulai bulan depan. Sekaligus mencari stok untuk Bulan Puasa nanti,” katanya, Jumat.

Praptiningsih menjelaskan ketersediaan stok darah saat ini masih cukup untuk sepekan ke depan. Pihaknya tidak khawatir kehabisan stok darah karena saat ini pendonor yang mendonorkan darah di Kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus masih berdatangan. Praptiningsih menambahkan saat ini permintaan darah masih berlangsung di beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Mardirahayu, RSUD Loekmono Hadi, RSI Sunan Kudus, RS Kumala Siwi, RS Aisyiyah, dan RSU Nurussyifa.

”Pendonor yang datang ke kantor [Unit Donor Darah PMI Kudus] masih ramai,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya