SOLOPOS.COM - Rektor UMS Bambang Setiaji (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai tahun ini akan merekrut 20 dosen setiap tahun. Hal itu untuk mengatasi keberadaan dosen yang mulai menginjak usia pensiun dan menyesuaikan rasio mahasiswa dan dosen.

Wakil Rektor I UMS, Muhammad Dai, mengatakan jumlah dosen yang akan direkrut tidak sama di tiap program studi (prodi). “Tentu kurang lebih untuk satu tahunnya kami akan merekrut 20 dosen. Itu tersebar di semua prodi,” ungkap dia saat ditemui wartawan di gedung Pascasarjana UMS, Selasa (16/9/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagai tahapannya, saat ini UMS sedang menyelesaikan pembuatan software untuk computer base.  Dai mengatakan proses penerimaan dosen baru di UMS akan dilakukan dengan model computer base.

Para calon dosen nantinya akan mengerjakan soal-soal bahasa Inggris, Al Islam kemuhamadiyahan, dan potensi akademik pada tes tertulis. “Dalam sehari para peserta akan tahu apakah mereka lolos ujian tertulis atau tidak. Setelah seleksi tertulis, bagi yang lolos akan melakukan tes wawancara Al Islam Kemuhammadiyahan,” lanjut dia.

Dai mengatakan latar belakang perekrutan dosen baru tersebut adalah rasio antara jumlah dosen dan mahasiswa dan mempertimbangkan usia pensiun dosen-dosen yang ada di masing-masing prodi.

“Dosen yang banyak pensiun nanti dari FKIP [Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan], karena FKIP kan fakultas tertua di UMS. Otomatis sudah mulai banyak yang pensiun. Kalau jumlahnya saya tidak hafal,” papar dia.

Sebelumnya, Rektor UMS, Bambang Setyaji, mengatakan tahun ini sudah ada sekitar 6.700 mahasiswa baru yang diterima. “Untuk dosen akan kami tambah. Insyaallah untuk September ini akan ada tes seleksi dosen dengan sistem komputer,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya