SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Pendidikan Solo, SMKN 9 Solo menyelenggarakan berbasis komputer dengan teknologi Android.

Solopos.com, SOLO — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Solo tahun ini membuat terobosan dalam penyelenggaraan ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekolah tersebut menggelar Ulangan Tengah Semester (UTS) dengan sistem CBT berbasis Android. Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 9 Solo, Samiyanto, mengemukakan UTS CBT berbasis Android digelar Senin (17/10) hingga Rabu (19/10) untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ini memang belum semua kelas menggunakan Android. Sebagai percontohan, kami baru menerapkan untuk satu kelas yang CBT-nya menggunakan Android yaitu kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) B. Sedangkan lainnya tetap menggunakan laptop atau komputer,” ujar Samiyanto saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu.

Dia menjelaskan implementasi CBT berbasis Android tersebut untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi Android. Hal itu juga mempertimbangkan sebagian besar siswa yang saat ini sudah memanfaatkan Android.

“Kami melihat ke depannya dengan Android ini akan diperoleh penghematan, misalnya dari sisi penggunaan listrik dari pemakaian komputer. Sekolah juga tidak perlu menyiapkan genset,” ungkap Samiyanto.

Dalam CBT tersebut peserta ujian bisa menggunakan semua jenis Android. “Yang penting bisa menginstal aplikasinya,” imbuhnya.

Setelah diinstal, siswa bisa mengunduh soal-soal dengan memasukkan username dan password. Kemudian pengawas UTS memberikan token kepada siswa.

Untuk mengantisipasi kecurangan, soal dibuat diacak sehingga nomor urutan soal tidak sama dengan teman sebelahnya. Untuk semua soal dari tiga mata pelajaran tersebut bentuknya pilihan ganda dengan durasi waktu 1 jam.

“Kemungkinan siswa menyontek juga sangat kecil karena sudah ada antisipasi dengan membatasi koneksi untuk pencarian melalui Google,” terangnya.

Sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam implementasi sistem tersebut. Kendalanya hanya terkait standar Android yang dimiliki siswa berbeda-beda.

Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 9 Solo, Sugeng, menambahkan ke depan sistem CBT berbasis Android tersebut akan dikembangkan untuk ulangan maupun pembelajaran di sekolah. Tim SMKN juga siap mengembangkan aplikasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya