SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi kegiatan pendidikan anak usia dini (PAUD). (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Pendidikan Solo, beberapa lembaga PAUD mengundurkan diri sebagai penerima dana alokasi khusus BOP.

Solopos.com, SOLO — Beberapa lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Solo mengundurkan diri sebagai penerima dana alokasi khusus Bantuan Operasional Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (DAK BOP PAUD) 2017.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu alasannya pembuatan laporan pertanggungjawaban (LPj) dana bantuan tersebut ribet. Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Tri Budi Santosa, saat dimintai konfirmasi membenarkan informasi tersebut.

“Memang ada beberapa PAUD yang menyampaikan surat kepada kami karena ingin mengundurkan diri sebagai penerima dana bantuan tersebut. Salah satunya karena menilai dalam pembuatan LPj-nya cukup ribet,” ungkap Tri ketika ditemui wartawan di sela-sela acara Festival Gebyar PAUD 2017 Tingkat Kota Solo di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Rabu (22/3/2017).

DAK BOP PAUD yang dikucurkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tujuannya mendukung penyelenggaraan pendidikan di PAUD. Tri tidak menampik ada ketentuan-ketentuan dari pemerintah terkait pembuatan LPj penggunaan anggaran negara tersebut.

Namun, menurutnya, bukan berarti lembaga-lembaga PAUD tersebut tidak akan bisa sama sekali membuat LPj. “Ketentuannya sudah ada, tinggal mengikuti saja. Asalkan dana tersebut sesuai peruntukan tidak masalah,” imbuhnya.

Selain karena LPj, Tri mengungkapkan alasan pengunduran diri lembaga PAUD tersebut karena dari sisi pendanaan sudah kuat. “Jadi selain karena alasan LPj, memang ada PAUD yang sudah kuat dari sisi pendanaannya sehingga mereka memilih tidak menerima bantuan tersebut,” tandasnya.

Menurut Tri, pengunduran diri tersebut tidak menjadi persoalan. DAK BOP PAUD tetap dapat dialokasikan ke anak-anak di lembaga PAUD lainnya yang membutuhkan dengan nilai bantuan masing-masing anak Rp600.000.

Sebagaimana diketahui, Kota Solo tahun ini mendapatkan DAK BOP PAUD senilai Rp11,964 miliar. Besaran tersebut naik hampir 100 persen dari DAK BOP PAUD tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya