SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (Dok. JIBI/Harian Jogja)

Pendidikan Solo, Disdik menyelenggarakan lomba guru dan pegawas berprestasi.

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Solo tahun ini kembali menggelar Lomba Guru dan Pengawas Berprestasi. Namun kali ini, peserta kompetisi tersebut hanya para pengawas dan guru dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama, sebanyak 190 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Karena untuk guru dan pengawas dari SMA/SMK dan SLB [sekolah luar biasa] menjadi kewenangan Provinsi sehingga di tingkat kota ini hanya diikuti guru dan pengawas dari jenjang TK sampai SMP,” ujar Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Solo, Sulardi, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (31/3/2017).

Sulardi menjelaskan, proses seleksi lomba tersebut diawali dengan penilaian terhadap dokumen fisik, yaitu fortofolio, kinerja guru, dan karya ilmiah. Penilaian oleh tim juri dari Disdik Kota Solo, dilangsungkan hingga Jumat.

Sementara pelaksanaan lomba terdiri atas dua tahap. Tahap pertama akan dijadwalkan Senin (3/4/2017), yaitu para peserta mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan di SMP Negeri (SMPN) 8 Solo.

“Tahap pertama tersebut sekaligus pembukaan dan akan dibuka secara resmi oleh Wali Kota,” ungkapnya. Tahap berikutnya dijadwalkan Rabu [5/4/2017], yaitu berupa pemaparan atau presentasi peserta lomba atas karya ilmiah mereka, bertempat di SMPN 4 Solo.

“Nanti untuk penilaiannya, yaitu nilai komulatif dari bukti fisik di jumlah bersama dengan hasil tes tertulis. Masing-masing jenjang nanti
diambil sekitar 40 persen untuk mengikuti tahap kedua yang diselenggarakan pada Rabu (5/4) di SMPN 4,” kata terangnya.

Dari 190 guru dan pengawas tersebut, terdiri atas guru TK sebanyak 25 orang, kepala sekolah TK 25 orang, guru SD 50 orang, kepala SD 26 orang, pengawas SD 4 orang, guru SMP 56 orang, serta kepala SMP 4 orang.

Dalam perlombaan tersebut, juara pertama akan dipersiapkan untuk maju ke Jawa Tengah, jika Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa
Tengah menggelar Lomba Guru Berprestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya