SOLOPOS.COM - ilustrasi

Pendidikan Boyolali ini terkait beasiswa ke luar negeri.

Solopos.com, BOYOLALI — Anggaran senilai Rp20 miliar disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali untuk penyelenggaraan beasiswa umum sekolah ke luar negeri tahun 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengaku berharap bisa mengalokasikan anggaran beasiswa senilai Rp50 miliar. Namun dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) anggaran daerah tahun 2017, anggaran yang bisa dialokasikan baru berkisar Rp20 miliar.

“Sekarang jangan puas hanya dengan bisa jualan tembakau. Harus mampu merubah masa depan, dan anak-anaknya harus disekolahkan minimal S1, S2, kalau bisa S3,” kata Seno di hadapan masyarakat Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali, Abdul Rahman, membenarkan alokasi sementara untuk program beasiswa umum tahun 2017 senilai Rp20 miliar.

“Ini khusus untuk beasiswa pendidikan ke luar negeri bagi masyarakat ber-KTP Boyolali dan sasaran utama adalah masyarakat tidak mampu,” kata Abdul Rahman.

Tahun ini program beasiswa pendidikan ke luar negeri sudah dimulai melalui bekerja sama dengan Universitas Nanjing Tiongkok. Baru-baru ini, Seno juga menyampaikan siap memfasilitasi program beasiswa pendidikan di Birmingham Inggris.

“Dan sekarang kami sedang menjajaki kerja sama program beasiswa dengan universitas di Amerika Serikat. Kami tidak membidik universitas yang kelas atas seperti Howard University, itu terlalu tinggi, tapi universitas yang menengah, kualitasnya masih bagus, namun mencukupi ketersediaan anggaran kami,” ujar Abdul Rahman.

Jika Disdikpora berhasil menjalin kerja sama program beasiswa dengan tiga universitas di tiga negara tersebut maka sedikitnya alokasi anggaran cukup untuk 70 orang penerima beasiswa.

“Dua puluh lima orang kuliah di Amerika, 15 orang kuliah di Inggris, dan 30 orang kuliah di Nanjing Tiongkok,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya